Peranan Customer Service Dalam Peningkatan Loyalitas Pelayanan Nasabah Pada PT Bank Sumut KCP Syariah Simpang Kayu Besar

  • Ayu Ismah Azizah Kurinci Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Amin Dalimunte Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Di sektor perbankan, peran tim customer service sangat penting untuk memberikan layanan nasabah yang terbaik kepada bank. Tujuan dari pengamatan ini di buat untuk melihat bagaimana peran customer service dalam mengembangkan loyalitas pelanggan pada industri PT. Bank Sumut KCP Syariah Simpang Kayu Besar. Prosedur pengkajian yang dipakai penulis dalam studi ini merupakan studi kualitatif deskriptif. Dan di dalam studi ini, informasi yang dikumpulkan oleh penulis disajikan berbentuk informasi wawancara dengan customer service di PT. Bank Sumut KCP Syariah Simpang Kayu Besar. Fungsi customer service adalah guna mempertahankan pelanggan lama serta menarik pelanggan baru. Pelayanan nasabah juga harus dapat meringankan beban nasabah lama, sehingga selalu jadi nasabah bank. Selain itu, Customer Service PT Bank Sumut Syariah KCP Simpang Kayu Besar juga berkomitmen untuk memperhatikan nasabah dan memberi informasi dengan menggunakan SOP (Standard Operating Procedure) Bank Sumut KCP Syariah Siimpang Kayu Besar. Oleh sebab itu, tim customer service berperan aktif dan penting dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan dengan memprioritaskan kepuasan nasabah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2022-08-30
How to Cite
AZIZAH KURINCI, Ayu Ismah; DALIMUNTE, Ahmad Amin. Peranan Customer Service Dalam Peningkatan Loyalitas Pelayanan Nasabah Pada PT Bank Sumut KCP Syariah Simpang Kayu Besar. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 140-146, aug. 2022. ISSN 2747-0245. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/621>. Date accessed: 29 dec. 2024.