UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NU AL MA’ARIF PENPEN KECAMATAN MUNDU KABUPATEN CIREBON
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi jumlah jam pelajaran Fiqih yang terbatas yaitu sekitar 35 menit saja dalam satu pertemuan sebagai akibat dari kondisi pandemi covid-19, guru mata pelajaran yang monoton, kurang menguasai strategi pembelajaran aktif yang berpusat kepada siswa, minimnya sarana berupa buku paket, sehingga motivasi belajar menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Al Ma’arif Penpen. (2) Untuk mengetahui kendala apasaja yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Fiqih di MI NU Al Ma’arif Penpen. (3) Untuk mengetahui faktor apasaja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI NU Al Ma’arif Penpen. Penelitian ini mengunakan penelitian analisis kualitatif. Aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di MI NU Al Ma’arif Penpen maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Dengan menggunakan pendekatan personal. Agar peserta didik merasa diperhatikan dan guru mampu memahami karakter masing-masing peserta didik, serta diberikan arahan, nasehat, motivasi dan dukungan, agar siswa mau melakukan perubahan ke arah lebih baik sehingga motivasi belajarnya meningkat. 2) Terbatasnya waktu belajar akibat dari wabah virus corona, minimnya sarana untuk mendukung proses belajar peserta didik, dan kurangnya penguasan strategi pembelajaran menjadikan kendala yang dihadapi. 3) Faktor media dan pengaruh lingkungan, memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa di MI NU Al-Ma’arif Penpen Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sehingga mengesampingkan kewajiban belajar mereka sebagai peserta didik dan motivasi belajarpun menurun
Downloads
References
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).