IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SATUAN PENDIDIKAN DI KOTA CIREBON

  • Ade Najiyah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Djuhana Dadang Suryana Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kebebasan pada sekolah dalam menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa. Salah satu kota yang menerapkan kebijakan Kurikulum Merdeka adalah Kota Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan studi pustaka. Pengumpulan data dikumpulkan dari berbagai jurnal, artikel dan buku yang sesuai dengan topik penelitian. Pemilahan data yang didapatkan dideskripsikan sesuai pembahasan, di dalamnya meliputi mereduksi data, penyajian data dan pengambilan sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka data diterapkan pada satuan pendidikan di kota Cirebon meskipun dalam implementasinya masih menghadapi beberapa tantangan, implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Cirebon memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah tersebut. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak seperti Dinas Pendidikan, kepala sekolah, guru, dan orang tua untuk memastikan bahwa implementasi ini dapat diterapkan dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal bagi siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2023-03-30
How to Cite
NAJIYAH, Ade; SURYANA, Djuhana Dadang. IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SATUAN PENDIDIKAN DI KOTA CIREBON. Change Think Journal, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 56-65, mar. 2023. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/1130>. Date accessed: 04 jan. 2025.