Pengaruh Model Permainan Block Dienes Terhadap Peningkatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDIT KH. Abdurrahman Mahmud Cirebon

  • Sitta Nuroktaliya Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

 


Tujuan dalm penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model permainan block dienes pada kelas control, untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah  menggunakan model permainan block dienes pada kelas eksperimen, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika melalui penggunaan model permainan block dienes dan yang tidak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian two group randomized subjek post test only. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar, populasi seluruh siswa kelas I berjumlah 50 siswa, sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh bahwa; hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas kontrol tanpa menggunakan model permainan block dienes nilai rata-rata yang didapat adalah 66, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas eksperimen dengan menggunakan model permainan block dienes nilai rata-rata yang didapat adalah 80. Perbandingan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai thitung > ttabel, yakni 7,37 > 2,013, ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan model permainan block dienes untuk meningkatkana hasil belajar siswa kelas I dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model permainan block dienes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2023-08-24
How to Cite
NUROKTALIYA, Sitta. Pengaruh Model Permainan Block Dienes Terhadap Peningkatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDIT KH. Abdurrahman Mahmud Cirebon. Change Think Journal, [S.l.], v. 2, n. 02, p. 180-187, aug. 2023. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/1154>. Date accessed: 07 jan. 2025.