Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI

  • Ilmiah Ilmiah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran inkuri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post factor ; penelitian bebas telah menjadi ketika penelitian memulai dengan pengamatan variable terikat dalam penelitian dan merupakan penelitian koresional karena tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model inkuiri terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian bahwa t tabel sebesar 1.69726. Karena t hitung (6,050) lebih besar dari t tabel (1.69726) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh Model Inkuiri terhadap Motivasi Belajar. Pengaruh model inkuiri diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa disekolah. Dengan model inkuiri, diharapkan siswa mampu menumbuhkan sikap sosial dan percaya diri dalam pelaksanaan proses belajar, termotivasi untuk giat belajar disekolah khususnya di SMP Ma’arif Kecamatan Pangenan  Kabupaten Cirebon, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid Yogyakarta. Diva Press.
Siregar, L. Y. S. (2017). Full day school sebagai penguatan pendidikan karakter (Perspektif psikologi pendidikan islam). Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(1).
Riyani, A., Pratama, G., & Surahman, S. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Published
2024-02-23
How to Cite
ILMIAH, Ilmiah. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI. Change Think Journal, [S.l.], v. 2, n. 04, p. 324-332, feb. 2024. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/1155>. Date accessed: 06 jan. 2025.