Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek (Study Kasus di TK Mutiara Bunda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon)

  • Ririn Adriyani Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Peningkatan kemampuan anak dalam bekerjasama dilatarbelakangi oleh beberapa factor yang belum berkembang yakni agama dan moral, motoric, kognitif, bahasa, social emosional dan seni. Penelitian ini dilakukan TK Mutiara Bunda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dengan pendekatan kuantitatif; menggunakan 2 siklus dan dilaksanakan melalui empat tahap yaitu: 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Observasi 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi untuk mendapatkan data tentang metode proyek yang telah dilaksanakan sebagai variabel (X) dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang kerjasama anak sebagai variabel (Y) yang kemudian diuji menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian dalam Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial anak usia 5-6 tahun melalui Metode Proyek di TK Mutiara Bunda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2020-2021 sebagaimana dibuktikan dengan hasil yang terdapat pada setiap indikatornya. Dari prasiklus ke siklus I mengalami kenaikan sebesar 18,75% menjadi 57,63%, kemudian dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,84% sehingga menjadi 78,47% bahwa dengan menggunakan metode proyek dapat meningkatkan perkembangan sosial anak kelompok B khususnya dalam bekerjasama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2022-03-30
How to Cite
ADRIYANI, Ririn. Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek (Study Kasus di TK Mutiara Bunda Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon). Change Think Journal, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 42-49, mar. 2022. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/693>. Date accessed: 07 jan. 2025.