Pengaruh Media Promosi Terhadap Penggunaan Produk Perbankan Syariah Oleh Masyarakat Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat jangkauan media promosi produk
perbankan syariah, mengetahui tingkat penggunaan produk perbankan syariah, dan
mengetahui pengaruh media promosi terhadap penggunaan produk perbankan syariah
oleh masyarakat Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
expost facto, jenis sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang
merupakan hasil respon masyarakat Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon pada
kuesioner atau angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan alat bantu
ibm SPSS statistic 23, analisis ini meliputi uji validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji
hipotesis, sampel 100 orang dari total populasi 41.812 orang dengan menggunakan
teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian; bahwa tingkat
jangkauan media promosi produk perbankan syariah terhadap masyarakat Kecamatan
Susukanlebak Kabupaten Cirebon pada kategori (modus) sedang yaitu sebanyak 71
orang, atau 71% dari total sampel, sedangkan kecenderungan variable penggunaan
produk perbankan syariah pada kategori (modus) sedang yaitu 53 orang atau 53%.
Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara media promosi terhadap penggunaan produk perbankan syariah,
artinya saat media promosi menjangkau masyarakat secara maksimal maka akan
terjadi peningkatan penggunaan produk perbankan syariah ditujukan oleh hasil
perhitungan analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 1.110 + 0.375
X dan koefisien determinasi (ð‘…2) sebesar 0,320 dari koefisien korelasi sebesar 0,260,
dengan besarnya pengaruh (D = r2 x 100% = 0,3202 x 100% = 10,24%) dan nilai
thitung ≥ ttabel atau 3.344 ≥ 1,984 atau signifikan. Artinya, media promosi
berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan produk perbankan syariah pada
masyarakat Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon
Downloads
References
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).