Manajemen Program Mutaba’ah Yaumiyyah Dalam Membentuk Karakter Anggota Yayasan Harapan Robbani Cirebon

  • Reza Yuda Putrawan Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini membahas manajemen program mutaba’ah yaumiyyah terhadap pembentukan
karakter anggota Yayasan Harapan Robbani (YHR)-Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi oleh
keinginan yayasan untuk memiliki karakter anggota yang sesuai dengan karakter Nabi
Muhammad Saw yaitu sidik amanah, tabligh, fathanah. Dalam proses perjalanan untuk
membentuk karakter anggotanya YHR menggunakan manajemen program Mutaba’ah
Yaumiyyah (MY). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengawasan program MY di Yayasan Harapan Robbani Cirebon.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis
deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi kepada 3 orang partisipan. Adapun data yang dianalisis ada dua variabel.
manajemen mutaba’ah yaumiyyah sebagai variabel bebas (X) dan pembentukan karakter
anggota sebagai variabel terikat (Y).
Selanjutnya dari hasil penelitian dan pembahasan permasalahan di atas ditemukan jawaban
bahwa dengan melakukan fungsi manajemen program mutaba’ah yaumiyyah dengan baik dan
benar serta sungguh-sungguh maka akan membentuk karakter anggota yang sidik, amanah,
tabligh dan fathanah. Dengan diberlakukannya manajemen program mutaba’ah yaumiyyah
diharapkan dapat membentuk karakter anggota YHR terutama buat anggota yang baru di
rekrut dan agar dijalankan secara konsisten, dan dilakukan kontrol dan evaluasi yang
berkesinambungan. Selain itu, para pembaca maupun peneliti berikutnya bisa
mengembangkan manajemen program MY ini untuk membentuk karakter dalam kehidupan
sehari-hari sesuai kebutuhan masing-masing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2022-06-30
How to Cite
PUTRAWAN, Reza Yuda. Manajemen Program Mutaba’ah Yaumiyyah Dalam Membentuk Karakter Anggota Yayasan Harapan Robbani Cirebon. Change Think Journal, [S.l.], v. 1, n. 02, p. 179-187, june 2022. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/713>. Date accessed: 07 jan. 2025.