PERAN E-COMMERCE BAGI KEBERLANGSUNGAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA BSI KCP CIREBON PLERED 2)

  • Afiyah Anjaryani Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran e-commerce bagi keberlangsungan BSI KCP Cirebon Plered 2, bagaimana tingkat pemahaman nasabah terkait penggunaan e-commerce di BSI KCP Cirebon Plered 2, serta bagaimana perkembangan kegitaan transaksi yang mengguankan e-commerce di BSI KCP Cirebon Plered 2. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan penelitian lapangan. Data yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi informasi dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini memiliki peranan yang sangat besar dalam berkontribusi seperti untuk menghemat biaya operasional, mengekfetifkan waktu pelayanan bank, serta mendapatkan peluang bisnis baru bagi bank. Pemahaman nasabah terkait penggunaan e-commerce terdapat nasabah yang sudah memahami e-commerce serta ada pula yang masih belum memahami apa itu e-commerce. Kebanyakan nasabah hanya menggunakan layanan m-banking saja, dan juga dalam m-banking nasabah hanya untuk melakukan transaksi dasar saja seperti pengiriman uang dan cek saldo rekening padahal masih banyak sekali fitur-fitur dalam m-banking BSI yang dapat dimanfaatkan. Perkembangan kegitaan transaksi yang mengguankan e-commerce meliputi perbedaan dari yang sebelumnya yaitu adanya fitur-fitur seperti pembayaran tagihan, top up e-wallet, fitur e-mas, fitur zifwaf, fitur rekening autosave dan qurban, dan jadwal sholat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2023-06-05
How to Cite
ANJARYANI, Afiyah. PERAN E-COMMERCE BAGI KEBERLANGSUNGAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA BSI KCP CIREBON PLERED 2). Change Think Journal, [S.l.], v. 1, n. 04, p. 415-421, june 2023. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/837>. Date accessed: 07 jan. 2025.