Profil Growth Mindset Siswa Berdasarkan Sistem Zonasi

  • Nanda Giantari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Ruly Ningsih Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di SMP Negeri 3 Kalasan telah menimbulkan berbagai permasalahan, termasuk ketidakadilan dalam akses pendidikan dan perbedaan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi profil growth mindset siswa yang ditinjau dari sistem zonasi di SMP Negeri 3 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan jenis survei. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Kalasan dengan sampel berjumlah 261 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2024. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data adalah uji T dengan Kruskal Wallis. Hasil uji Kruskal-Wallis digunakan untuk menganalisis perbedaan growth mindset antar siswa dari berbagai jalur zonasi. Hasil uji Kruskal-Wallis (Asymp. Sig = 0,378) menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan growth mindset siswa antara siswa jalur zonasi dengan non zonasi. Growth mindset siswa kategori sangat tinggi memiliki presentase 2%, kategori tinggi 52%, kategori sedang 38% dan kategori rendah 8%. Sebagian besar siswa memiliki growth mindset yang tinggi atau sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki growth mindset yang tinggi (52%), sehingga tidak ada perbedaan profil growth mindset pada siswa zonasi dengan nonzonasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blackwell, L., S., Trzesniewski, K., H., & Dweck, C., S. 2007. Implicit Theories of
Intelligence Predict Achievement Across an Adolescent Transition: A Longitudinal
Study and an Intervention. Child Development, 78(1), 246–263.
https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2007.00995.x
Burnette, J., L., O’boyle, E., H., VanEpps, E., M., Pollack, J., M., & Finkel, E., J. 2013.
Mind-sets matter: A meta-analytic review of implicit theories and self-regulation.
Psychological Bulletin, 139(3), 655–701.
Dewi, L., R. 2018. Mindset dan Perilaku Kewirausahaan Wanita Pengusaha Jasa Boga di
Yogyakarta (Skripsi, Universitas Islam Indonesia). Universitas Islam Indonesia,
Yogyakarta. Diambil dari https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6330
Dweck, C., S. 2022. Mindset: Mengubah Pola Berpikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup
Anda. Banten: PT. Bentara Aksara Cahaya.
Mahidhika, K., P., & Fathiyah, K., N. 2022. Hubungan Growth Mindset dengan Perilaku
Kepemimpinan pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 4(1), 11–20.
https://doi.org/10.21831/ap.v4i1.51706
Muammar. 2019. Problematika Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) dengan Sistem Zonasi
di Sekolah Dasar (SD) Kota Mataram. El Midad, 11(1), 41–60.
https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1904
Permendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 51 Tahun 2018
tentang PPDB pasal 20 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman KanakKanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan
Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia.
Permendikbud. 2019. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2019
tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51
Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-kanak,
Sekolah Dasar, Sekolah Menengah pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah
Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia.
Pulungan, I. 2019. Implementasi Penentuan Zonasi dalam Pemerataan Pendidikan Siswa
SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Darul Ilmi:
Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 30–44.
https://doi.org/10.24952/di.v7i01.1803
Purwanti, D., Irawati, I., Adiwisastra, J., & Bekti, H. 2019. Implementasi Kebijakan
Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi di Kota Bandung. Jurnal
Governansi, 5(1), 12–23. https://doi.org/10.30997/jgs.v5i1.1699
Razak, A., M., Suarlin, & Makkasau, A. 2022. Pengaruh Sistem Zonasi Pada Penerimaan
Peserta Didik Baru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Pendidikan Dasar dan
Keguruan, 7(2), 33–38.
Sirojudin, D., Suryadi, S., & Zulaikha, S. 2020. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi
Terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Negeri di DKI Jakarta. 6, 1.
Surakarta: Universitas Slamet Riyadi. Diambil dari
https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/proictss/article/view/5029
Suparlan, H. 2016. Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya Bagi
Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56. https://doi.org/10.22146/jf.12614
Published
2024-11-15
How to Cite
GIANTARI, Nanda; NINGSIH, Ruly. Profil Growth Mindset Siswa Berdasarkan Sistem Zonasi. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 09-15, nov. 2024. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/2682>. Date accessed: 04 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v5i2.2682.
Section
Articles