Manajemen Pendidikan Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MA Darul Masholeh Kota Cirebon
Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di MA Darul Masholeh Kota Cirebon
Abstract
Peningkatan mutu Pendidikan tidak dapat dilepaskan dengan upaya peningkatan mutu peserta didik yang akan berdampak pada mutu lulusannya. Mutu adalah sebuah perubahan yang memerlukan waktu dalam jangka Panjang. Dalam mewujudkan Pendidikan yang bermutu, memerlukan rencana-rencana strategi. MA Darul Masholeh Kota Cirebon merupakan madrasah yang menerapkan strategi untuk meningkatkan kualitas mutu siswa atau lulusannya. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana formulasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di MA Darul Masholeh Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mencakup langkah-langkah dalam formulasi strategi kepemimpinan, implementasi strategi, dan evaluasi hasilnya. Beberapa strategi yang diterapkan termasuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) guru, perbaikan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), peningkatan sarana dan prasarana sekolah, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat. Evaluasi strategi adalah bagian integral dari proses ini, yang membantu kepala madrasah mengukur kemajuan, mengidentifikasi kendala, dan menilai keberhasilan implementasi strategi.
Downloads
References
Manajemen Strategik Teori Dan Imlementasi, 177.
Assauri, S. (2016). Manajemen Strategic, Sustainable Compeyitive Advantages. jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Ernawati, Q. & F. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Plus di
SD Negeri 1 Tegalgiri Nogosari Boyolali. 9(2), 74–82.
Fitrah, M. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.
EDUCATOR?: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183.
https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307
Harliansyah, & Amon, L. (2022). Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam
Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah Kejuruan. Jimak, 1(1), 147–146.
Prabowo, R. G. M. (2019). Manajemen Strategi.
Winardi Karshi Nisjar, Manajemen Strategis, cetakan ke (Bandung: Mandar Maju, 1997)
Winoto, Suhadi, Peran Komite Sekolah Dalam Proses Manajemen Peningkatan Mutu
Pendidikan (Malang: Pasca Sarjana UM Malang, 2017)
Zazin, Nur, Gerakan Menata Mutu Pendidikan Teori Dan Aplikasi, ed. by ArRuzz Media
(Yogyakarta: ArRuzz Media, 2017)
Akdon. (2014). Strategic Manajemen for Educational Management?; Manajemen Strategis
Untuk Manajemen Pendididkan. Bandung: Alfabeta.
Ara, H., & Imam, M. (2010). Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam
Mengelola sekolah dan Madrasah). Digital Library, Uin Sunan Gunung Djati, 36.
Davis, F. (2009). Manajemen Strategi. jakarta: Salemba Empat.
Nisjar, W. K. (2014). Manajemen Strategis. Bandung: Mandar Maju.
Pearce, R. (2015). Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi Dan Pengendalian Jilid 1.
jakarta: Binarupa Aksara.
Sa’ud, U. S. (2005). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif,. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya,.
Umar, Husein., Strategic Management in Action: Konsep, Teori Dan Teknik Menganalisis
Manajemen Strategis. (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama., 2014)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.