Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Tentang Teks Interaksi Transaksional Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VIII-A SMPN 2 Lemahabang Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Teti Kusmiyati SMPN 2 Lemahabang

Abstract

Berbagai dampak negative dalam menggunakan metode kerja kelompok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam  mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, system pengajaran cooperative learning bisa di definisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggungjawab individual, interaksi personal, keahlian bekerjasama, dan proses kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah sisw akelas VIII-A SMPN 2 Lemahabang. Data yang diperoleh berupaha siltes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Foster, Bob. 1999. Seribu Pena SLTP Kelas I. Jakarta: Erlangga.
Hamalik, Oemar. 1999. Kurikuum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah PanitianPelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Suryosubroto, b. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2023-12-19
How to Cite
KUSMIYATI, Teti. Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Tentang Teks Interaksi Transaksional Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VIII-A SMPN 2 Lemahabang Tahun Pelajaran 2022/2023. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 82 – 91, dec. 2023. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1626>. Date accessed: 04 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v5i2.1626.