Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Inovatif Melalui Supervisi Kelas di SMP Negeri 2 Losari Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Sugiharto Ono Setiono SMP Negeri 2 Losari

Abstract

Untuk memperbaiki kinerja dan wawasan guru dalam pembelajaran di   SMP Negeri 2 Losari Kabupaten Cirebon,  sekolah melaksanakan penelitian tindakan yang berkaitan dengan  permasalahan di atas. Karena keterbatasan peneliti, maka penelitian ini  hanya difokuskan pada  supervisi edukatif. Berdasarkan temuan hasil penelitian  ada empat hal yang dikemukakan dalam penelitian tindakan ini, yakni simpulan tentang: (1) Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, (4) Peningkatan kinerja guru dalam  melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi  belajar siswa. Berdasarkan temuan maka keberhasilan pelaksanaan supervisi di SMPN 2 Losari Kabupaten Cirebon tercatat dari hasil sebagai berikut Nilai perencanaan pembelajaran pada siklus I rata-rata nilai  71,98 pada siklus II naik menjadi 92,44, pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I rata-rata nilai 72,44 pada siklus II naik menjadi 93,81, dan pada kegiatan penilaian hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai 81,3 pada siklus II naik menjadi 90,56 sedangkan kegaitan tindak lanjut kegaiatan rata-rata nilai pada siklus I penilaian 59,76 pada siklus II naik menjadi 83.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformsi Pendidikan dam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 37,50-26 Juli 2001.
Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar – dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi,2002.Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan .Jakarta : Bumi Aksara
Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.
Depdiknas RI,2005,Undang undang No 15 Tentang Guru dan Dosen.Jakarta : Depdiknas.
___________,2003. Undang Undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : Depdiknas
___________,2006.Peraturan Pemerintah No 19 Tentang Standar Isi Pendidikan.Jakarta : BSNP.
Dirjen PMPTK,2007.Peraturan Menteri no 13 Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah.Jakarata : Dirjen PMPTK Depdiknas
____________,2010.Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Kepala Sekolah Tentang Dimensi Kompetensi Manajerial.Jakarta :Dirjen PMPTK Depdiknas.
Direktorat PLP Depdiknas. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Mulyasa,E, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep,Karakteristik,Implementasi,dan Inovasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
______________,2003.Menjadi Kepala Sekolah yang profesional.Jakarta : PT.Rosdakarya.
______________,2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta : PT.Rosdakarya
Published
2023-06-26
How to Cite
SETIONO, Sugiharto Ono. Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Inovatif Melalui Supervisi Kelas di SMP Negeri 2 Losari Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2022/2023. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 86 – 107, june 2023. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1630>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v5i1.1630.