Peningkatan Keterampilan Menyusun Cerita Inspiratif Menggunakan Strategi Genius Learning Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas IX-A di SMPN 2 Karangsembung Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyusun Menyusun Cerita Insfiratif siswa kelas IX-A SMPN 2 Karangsembung tahun pelajaran 2022/2023 dengan menerapkan strategi genius learning. Melalui model pembelajaran genius learning, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun produk.Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penggunaan strategi genius learning mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menyusun Menyusun Cerita Insfiratif. Adanya peningkatan proses di aspek situasi belajar, fokus siswa, dan keaktifan, menjadikan perubahan positif sehingga menjadikan pembelajaran menyusun Menyusun Cerita Insfiratif lebih menarik dan menyenangkan. Kedua, pembelajaran menyusun Menyusun Cerita Insfiratif dengan strategi genius learning dapat meningkatkan hasil keterampilan menyusun Menyusun Cerita Insfiratif. Hal ini terlihat dari skor rata-rata keterampilan menyusun Menyusun Cerita Insfiratif sebelum diberi tindakan adalah 64,5 3 sedangkan setelah diberi tindakan siklus II skor rata-rata menjadi 85,00. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 20,47. Secara keseluruhan pada akhir siklus II semua aspek dan kriteria menyusun Menyusun Cerita Insfiratif mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui bahwa penggunaan strategi genius learning berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menyusun Menyusun Cerita Insfiratif siswa kelas IX-A SMPN 2 Karangsembung
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. DIVA Press: Yogyakarta
Dananjaya, Utomo, 2012. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Gunawan, Adi.W. 2013. Genius Learning Strategy. Jakarta : PT Gramedia.
Madya, Suwarsih. 2006 . Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: PT Remaj Rosdakarya
Nuraini, Fatimah. 2013. Menyusun Cerita InsfiratifSebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswa. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Pardjono dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Rose dan Nicholl. 2012. Accelerated Learning for The Century 21th Century cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung : Nuansa.
6L)Z In2L251-IL. TEEE.RPeningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Media Kartun Benny & Mice SIdI 6L)Z I K1-lI) Vl60 $ 1 II 3 L NjIn VIntN0. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNY.
Sudjana, Nana. 2000. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo..
Sutama. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Penerbit Setiaji
Tabroni, Roni. 2007. Melejit Potensi Mengasah Kreativitas Menulis Artikel. Bandung: Nuansa
Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wibowo, Basuki, Dr. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departement Pendidikan Nasional.
Wijana, I dewa Putu. 1995. Pemanfaatan Teks Humor dalam Pegajaran Aspek¬Aspek Kebahasaan. II/1995. Halaman 23-30.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.