Kepempimpinan Kepala Madrasah Inovatif dalam Mewujudkan Madrasah Unggul di Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Peran seorang pemimpin yang inovatif dalam mewujudkan madrasah unggulan di era revolusi industri 4.0 memang sangat urgen. Keberadaan seorang pemimpin yang baik dapat membawa madrasah menuju madrasah unggulan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah seorang pemimpin madrasah harus inovatif dalam menjawab tantangan zaman terutama pada era revolusi industri 4.0. Kepala madrasah disamping harus memimpin madrasah sesuai dengan tugas dan fungsinya, juga harus mampu menyikapi berbagai dinamika yang berkembang dengan cepat pada era digitalisasi sekarang ini. Selain itu diharapkan dapat menciptakan lulusan yang berkualitas dalam segi ilmu pengetahuan, teknologi, juga berakhlakul karimah.
Downloads
References
Maimun, Agus, and Agus Zaenul Fitri, Madrasah Unggulan (Lembaga Pendidikan Alternatif Di Era Kompetitif), ed. by Priyo Raharjo, Cetakan 1 (Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2010)
Mas’ud, Abdurrachman, Moh Erfan Soebahar, Muhtarom, Abdul Mukti, Raharjo, Fatah Syukur, and others, Dinamika Pesantren Dan Madrasah, ed. by Ismail SM, Nurul Huda, and Abdul Kholiq, Cetakan 1 (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2002)
Rusdiana, A, Konsep Inovasi Pendidikan (Bandung: CV Pustaka Media, 2014)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan), ed. by M.T. Dr. Apri Nuryanto S.Pd. S.T., Edisi ke-3 (Bandung: Alfabeta, CV, 2019)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.