PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TAKSONOMI BLOOM

Penelitian di MGMP IPA Kabupaten Majalengka

  • Popi Nita Rosdiana SMPN I Palasah

Abstract

This study aims to develop an evaluation instrument for science learning in junior high school, considering that there are still some weaknesses in the instrument. The instrument model to be developed is a two-dimensional Bloom's taxonomy model. The method used in this research is the R & D (Research and Development) method or research and development method. The evaluation instruments developed in this study were description test questions, answer keys and scoring guidelines. The results of research and development of science evaluation instruments using Bloom's Taxonomy Two Dimensions the average value of the total validation given by the validator to the evaluation tool is 3.24, the evaluation instrument developed in the very valid category and the coefficient of validity of items from questions 1 to 30 have high validity criteria. The reliability coefficient of the description test questions developed was 1.019434 with a very high reliability category.


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi pembelajaran IPA di SMP, mengingat masih ada beberapa kelemahan dalam instrumennya.  Adapun model instrumen yang akan dikembangkan yaitu model taksonomi Bloom dua dimensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R & D (Research and Development) atau metode penelitian dan pengembangan. Instrumen evaluasi yang dikembangkan pada penelitian ini adalah soal tes uraian, kunci jawaban serta pedoman penskoran. Hasil penelitian dan pengembangan instrumen evaluasi pelajaran IPA dengan menggunakan Taksonomi Bloom Dua Dimensi nilai rata-rata total validasi yang diberikan oleh validator terhadap alat evalusi sebesar 3,24, instrumen evaluasi yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan koefisien validitas butir soal dari soal 1 sampai 30 memiliki kriteria validitas tinggi. Koefisien reliabilitas soal tes uraian yang dikembangkan sebesar 1,019434 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing. NewYork: Addison Wesley Longman, Inc.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Borg, W. R. and Gall, M. D. (1989). Educational Research An Introduction. New York: Longman.
Ekawati, E. dan Sumaryanta. (2011). Pengembangan Intrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/ SMP. Jakarta: Kemdiknas Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan, PPPPTK Matematika.
Koyan, I. W. (2011). Langkah-langkah Mengkontruksi Tes dan Non Tes. Buku Ajar. (tidak diterbitkan) Singaraja: UNDIKSHA. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mulyadi. (2010). Evaluasi Pendidikan. Malang: UIN Maliki Press.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Persada Rajawali.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitati, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI Press.
Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2021-12-30
How to Cite
ROSDIANA, Popi Nita. PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TAKSONOMI BLOOM. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 207-215, dec. 2021. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/415>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v3i2.415.