PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI

  • Lulu Rahayu SMK Negeri 1 Kedawung Kabupaten Cirebon

Abstract

This study uses a single-subject experimental method, where the researcher only applies a project-based learning model to one class (single subject). The purpose of this study was to determine student activities, student learning outcomes, and to determine whether there was a significant influence between student activities in learning activities with project based learning models on student learning outcomes in cognitive and psychomooric aspects (skills) accounting. The research subjects were students of class X Accounting 4 SMK Negeri 1 Kedawung Cirebon Regency for the 2019/2020 academic year as many as 41 students. How to collect data in this study using student learning activity data through observation sheets, pretest and posttest scores, and student worksheets. Data analysis was carried out using quantitative descriptive analysis techniques using simple regression analysis (test) to determine the effect of student activities using project-based learning models on student learning outcomes in accounting subjects which were divided into cognitive, psychomotor, and both aspects of learning outcomes. the. How to collect data in this study using student learning activity data through observation sheets, pretest and posttest scores, and Student Worksheets. Analyzed by analysis (test) simple regression. Based on the results of the study obtained the value of student learning activities with an average of 81.76 with a good relationship level. Learning outcomes of cognitive and psychomotor aspects with an average of 83.46 with good criteria. After performing regression analysis, the value of sig < 0.05 was obtained so that there was a significant influence between student learning activities using the project based learning model on accounting learning outcomes with a coefficient of determination of 56.4%. So, the conclusion of this study is that student learning activities in the application of scientific-based project-based learning models have a significant effect on student learning outcomes in Accounting subjects on the subject of processing service company financial statements in class X Accounting 4 SMK Negeri 1 Kedawung, Cirebon Regency.


Abstrak


Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal, dimana peneliti hanya menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) kepada satu kelas (subjek tunggal). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model project based learning terhadap hasil belajar siswa dalam aspek kognitif dan psikomoorik (keterampilan) akuntansi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 4 SMK Negeri 1 Kedawung Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 41 siswa. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan data aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi, nilai pretest dan posttest, serta lembar kerja siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis (uji) regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh antara aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi yang dibedakan menjadi hasil belajar aspek kognitif, psikomotorik, dan kedua aspek tersebut. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan data aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi, nilai pretest dan posttest, serta Lembar Kerja Siswa. Dianalisis dengan analisis (uji) regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 81,76 dengan tingkat hubungan baik. Hasil belajar aspek kognitif dan psikomotorik dengan rata-rata 83,46 dengan kriteria baik. Setelah melakukan analisis regresi diperoleh nilai sig < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signitifikan antara aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model project based learning terhadap hasil belajar akuntansi dengan koefisien determinasi sebesar 56,4%. Jadi, simpulan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dalam penerapan model project based learning berbasis saintifik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi pada pokok bahasan pemrosesan laporan keuangan perusahaan jasa di kelas X Akuntansi 4 SMK Negeri 1 Kedawung Kabupaten Cirebon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Cet.1. Bandung: PT Refika Aditama
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Cet.1. Yogyakarta: Gava Media
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA
Gangga, Almes. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Padang: Universitas Negeri Padang dipublikasikan
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Cet. 1. Bogor: Ghalia Indonesia
Jihad, Asep. Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Kemendikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.
Muhammad, Yahya, dkk. (2013). Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia dipublikasikan
Mulyasa, H.E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Noor, Juliansyah. (2013). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ramadhani, Fadilah. (2013). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning). Surakarta: Universitas Sebelas Maret dipublikasikan.
Ramadhani, K. (2013). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kuningan). Skripsi pada FKIP Unswagati Cirebon: Tidak Diterbitkan.
Riduwan (2007). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta.
Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Cet.1. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Syaodih, Nana. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Trianto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wiradinata, Rochanda. (2010). Dasar-Dasar Akuntansi. Bandung: CV. Alfabeta
Published
2019-06-24
How to Cite
RAHAYU, Lulu. PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 113-136, june 2019. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/544>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v1i1.544.