Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam dalam Mewujudkan Efektifitas Pembelajaran di Tengah Situasi Pandemi Covid-19

  • Erlina Yuliyati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Kharis Sulaiman Hasri UIN Sunan kalijaga Yogyakarta

Abstract

This paper presents the management of the head of the Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam in addressing the effectiveness of learning amid the co-19 pandemic situation. Management is a series of activities carried out to achieve the expected goals. The madrasah head management occupies a strategic position so that learning remains carried out and students do not lose their rights. This research is a qualitative research that aims to obtain an overview and information about the management of Ibtidaiyah madrasa head in realizing the effectiveness of learning in the midst of a co-19 pandemic situation. The subject of the study was the headmaster of the madrasa. Data was collected by unstructured interviews or personal discussions with the headmaster of the madrasa as the main data source and three student guardians as supporting data. Data analysis was performed using the Miles & Huberman interactive technique. The results obtained show: (1) the management of the madrasah head has been carried out in accordance with the rules of management, which includes the stages of planning, organizing and implementing, as well as supervision and evaluation as a step taken so that the learning process continues to be carried out, (2) learning in Madrasah Ibtidaiyah Al- Islam is implemented flexibly, given the constraints of both internal and external madrasah.


Abstrak


Paper ini menyajikan tentang bagaimana manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam dalam mewujukan efektifitas pembelajaran ditengah situasi pandemi covid-19. Manajemen merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Manajemen kepala madrasah menempati posisi strategis agar pembelajaran tetap terlaksana dan peserta didik tidak kehilangan haknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran dan informasi tentang manajemen kepala madrasah Ibtidaiyah dalam mewujudkan efektifitas pembelajaran di tengah situasi pandemic covid-19. Subjek penelitian adalah kepala madrasah. Data dikumpulkan dengan wawancara tidak tersetruktur atau diskusi personal dengnan kepala madrasah sebagai sumber data utama dan tiga wali murid sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan menggunakan teknik interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan: (1) manajemen kepala madrasah telah dilaksanakan sebagaimana kaidah manajemen, yang meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi sebagai langkah yang ditempuh agar proses pembelajaran tetap terlaksana, (2) pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam dilaksanakan secara fleksibel, mengingat adanya kendala baik dari internal maupun eksternal madrasah.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kharis Sulaiman Hasri, UIN Sunan kalijaga Yogyakarta

This paper presents the management of the head of the Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam in addressing the effectiveness of learning amid the co-19 pandemic situation. Management is a series of activities carried out to achieve the expected goals. The madrasah head management occupies a strategic position so that learning remains carried out and students do not lose their rights. This research is a qualitative research that aims to obtain an overview and information about the management of Ibtidaiyah madrasa head in realizing the effectiveness of learning in the midst of a co-19 pandemic situation. The subject of the study was the headmaster of the madrasa. Data was collected by unstructured interviews or personal discussions with the headmaster of the madrasa as the main data source and three student guardians as supporting data. Data analysis was performed using the Miles & Huberman interactive technique. The results obtained show: (1) the management of the madrasah head has been carried out in accordance with the rules of management, which includes the stages of planning, organizing and implementing, as well as supervision and evaluation as a step taken so that the learning process continues to be carried out, (2) learning in Madrasah Ibtidaiyah Al- Islam is implemented flexibly, given the constraints of both internal and external madrasah.

Abstrak

Paper ini menyajikan tentang bagaimana manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam dalam mewujukan efektifitas pembelajaran ditengah situasi pandemi covid-19. Manajemen merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Manajemen kepala madrasah menempati posisi strategis agar pembelajaran tetap terlaksana dan peserta didik tidak kehilangan haknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran dan informasi tentang manajemen kepala madrasah Ibtidaiyah dalam mewujudkan efektifitas pembelajaran di tengah situasi pandemic covid-19. Subjek penelitian adalah kepala madrasah. Data dikumpulkan dengan wawancara tidak tersetruktur atau diskusi personal dengnan kepala madrasah sebagai sumber data utama dan tiga wali murid sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan menggunakan teknik interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan: (1) manajemen kepala madrasah telah dilaksanakan sebagaimana kaidah manajemen, yang meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan, serta pengawasan dan evaluasi sebagai langkah yang ditempuh agar proses pembelajaran tetap terlaksana, (2) pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam dilaksanakan secara fleksibel, mengingat adanya kendala baik dari internal maupun eksternal madrasah.

 

References

Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Stiyowati Putri. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns Journal 2(1).
Anon. 2020. Keputusan Bersama Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kementerian Agama,Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan TahunAkademik Baru Di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).
Anon. n.d. UU RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Arifin, Zainal. 2019. Tafsir Ayat-Ayat Manajemen (Hikmah Idaariyah Dalam Al-Qur’an). edited by I. Machali. Yogyakarta: Prodi Manajemen Pendidikan Islam.
Basori. 2013. “Pemanfaatan Social Learning Network ‘Edmodo’ Dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif Di Prodi PTM JPTK FKIP UNS.” JIPTEK VI.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1).
Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Holil, Anwar. 2020. “Cara Kreatif Kepala Sekolah Memimpin Pembelajaran Di Masa Pandemi.” Kumparan. Retrieved July 7, 2020 (https://kumparan.com/anwar-holil1526885041647/cara-kreatif-kepala-sekolah-memimpin-pembelajaran-di-masa-pandemi-1tfPOIhh7qE/full).
Kemendikbud. 2020a. “Surat Edaran: Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).” Retrieved (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19).
Kemendikbud. 2020b. Surat Edaran No 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan.
M. Claude, M. Stahl, M. Alder, M. Muller. 2018. “Learning Effectiveness and Students Perceptions in A Flexible Learning Course.” J. Open, Distance E-Learning 21:44–52.
M. Quraish Shihab. 2017. Tafsir Al-Mishbah. 2017th ed. Ciputat: Lentera Hati.
Machali, Didin Kurniadin dan Imam. 2014. Manajemen Pendidikan: Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan Dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group.
Organization, World Health. 2020. “Global Update on Coronavirus Disease (Covid-19),.” Retrieved (https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus).
Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rohmawati, A. 2015. “Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidik Usia Dini 9(1):15–32.
Saefullah, KH. U. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode Dan Prosedur. Edisi Pert. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Syahrum, Salim dan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Aplikasi Dalam Ilmu Sosial, Keagamaan Dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.
UNESCO. 2020. “Education: From Disruption to RecoveryEducation, COVID-19 Impact on Education.” Retrieved (https://en.unesco.org/covid19/educationresponse).
Zuhdi, Muhammad. 2020. “Empat Syarat Pembelajaran Jarak Jauh.” Nu.or.Id. Retrieved July 16, 1BC (https://www.nu.or.id/post/read/117938/empat-syarat-fektifitas-pembelajaran-jarak-jauh).
Published
2021-02-28
How to Cite
YULIYATI, Erlina; HASRI, Kharis Sulaiman. Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam dalam Mewujudkan Efektifitas Pembelajaran di Tengah Situasi Pandemi Covid-19. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 105-113, feb. 2021. ISSN 2715-7652. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/eduvis/article/view/299>. Date accessed: 03 jan. 2025.