Pengembangan Media Sosial Pemasaran Kripik Tempe Untuk Menambah Pendapatan Kelompok UKM Desa Mulyasari Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon
Abstract
Strategi pemasaran UKM kripik tempe desa Mulyasari belum memiliki keterampilan
pemasaran secara modern. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan usaha, karena jika
hanya mengandalkan penjualan dengan cara menitipkan di warung-warung dikhawatirkan
keberlanjutan usaha menjadi terancam. Tujuan dari oenelitian ini adalah mengembangkan
media sosial seperti youtube, instagram, facebook, twitter dan whatsaap untuk meningkatan
penghasilan UKM kripik tempe desa Mulyasari. Metode penelitian yang digunakan pada
kegiatan ini adalah Participatory Action Research. Peneliti melakukan perancangan media
sosial, mengimplementasikan media sosial, dan melakukan analisa UKM kripik tempe
menggunakan media sosial yang ada. Hasil penelitian ditemukan bahwa penghasilan UKM
kripik tempe ini memperoleh peningkatan 36,05 % dari laba sebelumya. Pada awalnya
penghasilan perbulan UKM kripik tempe memperoleh laba sekitar Rp. 1.803.000. Namun
setelah menggunakan strategi pemasaran modern dengan menggunakan media sosial sehingga
usaha UKM kripik tempe ini dapat memperoleh laba perbulan sekitar Rp. 2. 453.000, maka
penghasilan UKM kripik tempe ini bertambah Rp. 650.000.
Downloads
References
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–16.
KPM DR Mulyasari. Kripik Tempe (2020). Cirebon.
Nuraeni & Suryawardani. (2017). Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial
Instagram Pada Pt.Niion Indonesia Utama Pada Tahun 2017. E-Proceeding of Applied
Science, 3(2), 280–285.
Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era
Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka.
Jurnal Etos, 2(2), 89–96.
Vernia. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu
Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dan Ekonomi, 1(2), 105–118.
Wikipedia. (2020). Mulyasari, Losari, Cirebon. Retrieved from https://id.wikipedia.org.