Penguatan Penguasaan Bahasa Arab Bagi Anak di Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai Kota Palangka Raya

  • Marliana Sya’diah IAIN Palangka Raya
  • Nurul Wahdah IAIN Palangka Raya
  • Muslimah Muslimah IAIN Palangka Raya
  • Hamidah Hamidah IAIN Palangka Raya
  • Hasan Sarip Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Al Qur’an dan Hadist merupakan pedoman umat Islam yang menggunakan Bahasa
Arab sebagai pengantarnya. Sekolah yang berada di bawah naungan Departemen Kementrian
Agama pada awal kemerdekaan menjadikan Bahasa Arab sebagai mata pelajaran wajib.
Pesantren dan madrasah merupakan lembaga pendidikan yang banyak berkonstribusi dalam
perkembangan pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Madrasah diniyah di Sidomulyo
kelurahan Tumbang Tahai, kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya adalah salah satu
lembaga pendidikan non-formal yang mengadakan pengajaran Bahasa Arab. Namun,
keterbatasan pengajar dan rendahnya motivasi anak untuk belajar menjadi salah satu kendala
berkembangnya Bahasa Arab di madrasah ini. Kegiatan pengabdian yang diadakan oleh para
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertujuan untuk menghadirkan solusi atas kendala
pembelajaran Bahasa Arab di daerah tersebut. Dengan menggunakan metode service learning
(SL) kegiatan ini berfokus pada penguatan penguasaan Bahasa Arab bagi anak, adapun
program pengajaran ini berlangsung selama tiga minggu dengan materi berupa mufradhat,
insya’, imla’, kitabah, kalam dan shorof. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat dilihat pada
anak mulai termotivasi belajar Bahasa Arab, mampu menghapal kosakata, dapat menulis dan
bercerita menggunakan Bahasa Arab dengan cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Athobi’ah, A., & Al-Arbaun. ( ??????? ?? ????? .( 2014 . Dar el-Machreq s.a.r.l. Publisher.
http://www.darelmachreq.com
Isnaini, R. L. (2018). Revitalisasi Peran Bahasa Arab untuk Mengatasi Konflik dalam
Perspektif Multikultural. Jurnal Pembengunan Dan Pendidikan : Fondasi Dan Aplikasi, 6(1), 15–26.
Napis, D. (2019). Linguistik dnegan I’rab Al Qur’an dan posisi Bahasa Arab dalam
memahami Al Quran. AL-MUTSLA, 1(1), 1–17.
Nurhayati, T., & Misnatun, M. (2020). Posisi Ilmu Bahasa Arab dalam Kajian Islam
( Perspektif Filsafat Ilmu). Tafhim Al-’Ilmi, 1(1), 112–120.
Ritonga, M. (2015). Pandangan Para Ahli Bahasa tentang. Pandangan Para Ahli Bahasa
Tentang Bahasa Serapan Dalam Al Qur’an, 11(1), 1–28.
Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dan Lembaga Islam di Indonesia.
INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, 5(1),
73-88.
Zainuri, M. ( ???? ????? ??????? ?? ????????? .( 2019 Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia.
Jurnal Tanling : Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia, II(2), 231–248.
Published
2023-04-29
How to Cite
SYA’DIAH, Marliana et al. Penguatan Penguasaan Bahasa Arab Bagi Anak di Sidomulyo Kelurahan Tumbang Tahai Kota Palangka Raya. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 01, p. 37 – 49, apr. 2023. ISSN 2746-7015. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/etos/article/view/1728>. Date accessed: 04 jan. 2025.