Implementasi TQM Berbasis Metode Qiraati di TPQ Daarul Jannah Desa Kaligawe Wetan Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon

  • Muhammad Mahdi IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

This study uses a qualitative method. The research used is field research. Data collection was carried out by interview, observation and documentation. The steps in building data analysis in this study are building content, entering data, analyzing data, and interpreting data. The results of this study indicate that The implementation of TQM with the qiraati method in the TPQ Daarul Jannah includes several characteristics of TQM, namely: Prioritizing customer satisfaction based on the institution’s vision and mission, conducting periodic surveys to set quality, Solving Problem in the TPQ with a scientific approach, Committing to future vision and institution’s innovation, Working with the team to set targets, Improving management and teaching patterns for continuous system improvement, following routine methodological events for heads and teachers as a form of commitment to education and training; Controlled freedom can be seen from the freedom of the process of moving students to the next level by the teacher, the regular presentation of the institution's vision and mission to build unity of purpose, and the involvement and empowerment of employees in planning and implementing all TPQ activities.


Abstrak


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi TQM dengan metode qiraati di TPQ Daarul Jannah meliputi beberapa karakteristik TQM yaitu : Visi dan misi yang mengutamakan kepuasan konsumen, Obsesi terhadap kualitas dengan pelaksanaan survey berkala, Pemecahan masalah di TPQ dengan pendekatan ilmiah, Komitmen jangka panjang dengan visi masa depan dan inovasi lembaga,  Kerja sama Tim untuk pencapaian target, Penyempurnaan pola manajemen dan pengajaran untuk perbaikan sistem secara berkesinambungan, Kewajiban mengikuti acara metodologi rutin bagi kepala dan guru sebagai bentuk komitmen pendidikan dan pelatihan; Kebebasan yang terkendali bisa diketahu dari kebebasan proses kenaikan jilid oleh guru, pemaparan visi misi lembaga secara rutin untuk membangun kesatuan tujuan, dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan dalam perencanaan dan pelaksanaan semua kegiatan TPQ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indana,Nurul, Implementasi TQM dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Jurnal Al-Idaroh, vol. 1, No.1 Maret, 2017.
Khoirunnisa, Implementasi Manajemen Mutu Terpadu di SDIT Insan Mandiri Jakarta, Progress Jurnal Pendidikan Pendidikan, Vol. 03, No. 1, Mei, 2018.
Marmoah,Sri dkk, Implementasi TQM di Pendidikan Dasar, PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, Vol. 33, No. 1 April, 2019.
Maryamah, Total Quality Management (TQM) dalam Konteks Pendidikan, TA’DIB, Vol. XVIII, No. 01, Edisi Juni, 2013.
Murjito,Imam, Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al-Qur’an Qiraati,(Semarang: Raudhatul Mujawwidin, t.th)
Nasution, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.
Rahmi,Sri, Total Quality Management (TQM) dalam memajukan Pendidikan Islam, INTELEKTUALITA - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni, 2015.
Reynaldo,Lasapoe Oksela. Jessy J. Pondaag, Analisis Pengaruh Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial pada PT. Angkasa Pura 1 (persero) Bandar Udara International Sam Ratulangi Manado, Jurnal EMBA, Vol.6, No.3, Juli 201 8.
Rumagit, Liberty Meivert. Hubungan Penerapan Total Quality Management dengan Kinerja Pegawai di Puskesmas Bahu. Jurnal Penelitian Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat, vol. 1, No. 5. (Mei, 2013)
Sallis,Edward, Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan , Jogjakarta: IRCiSoD, 2006.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung : Alfabeta, 2009.
Tim Penyusun, Prinsip dan Pedoman Metode Qiraati, Cirebon: Korcab Cirebon, 2018.
Tjiptono,Fandy, Total Quality Service, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2001.
Yuliani,Nur Farida, “Implementasi Nilai-Nilai Total Quality Management (TQM) Pada Pembelajaran Fikih di MTS N Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2017”, Tesis, Salatiga : IAIN Salatiga, 2018
Published
2021-03-10
How to Cite
MAHDI, Muhammad. Implementasi TQM Berbasis Metode Qiraati di TPQ Daarul Jannah Desa Kaligawe Wetan Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 23-32, mar. 2021. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/220>. Date accessed: 05 jan. 2025.