Imajinasi Anak dalam Menunjang Perkembangan Emosional Anak

  • Nurul Desy Saputri Universitas Sebelas Maret
  • Hanum Syifa Rafsanjani Universitas Sebelas Maret
  • Suparmi Suparmi Universitas Sebelas Maret

Abstract

Perkembangan emosional anak penting untuk meningkatkan kesehatan mental, dan imajinasi dapat memulai prosesnya. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengkaji hubungan antara imajinasi dan perkembangan emosional pada anak. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur. Hal tersebut dilakukan dengan menganalisis berbagai jurnal pada tahun 2014 hingga 2024. Jurnal yang dianalisis bersumber dari Google Scholar. Awalnya ditemukan 200 artikel yang memuat kata "imajinasi anak" dan "perkembangan emosi". Setelah ditinjau, 12 artikel dipilih yang sesuai dengan penelitian. Hasil menganalisa waktu dengan membayangkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan anak untuk mengungkapkan perasaannya, membujuk dan meyakinkannya. Hal tersebut memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar, mengatasi masalah dan meningkatkan kreativitasnya. Penelitian ini menyoroti penciptaan lingkungan yang ada di rumah maupun di sekolah, yang mendukung eksplorasi imajinasi agar anak dapat berkembang lebih baik secara emosional. Hasil didapatkan bahwa imajinasi dan perkembangan emosional anak pada anak kecil saling terkait, dan sangat penting dalam pembentukan kepribadian anak dan keterampilan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul Desy Saputri, Universitas Sebelas Maret

Prodi Teknologi Pendidikan

Hanum Syifa Rafsanjani, Universitas Sebelas Maret

Prodi Teknologi Pendidikan

Suparmi Suparmi, Universitas Sebelas Maret

Prodi Teknologi Pendidikan 

Published
2024-12-16
How to Cite
DESY SAPUTRI, Nurul; SYIFA RAFSANJANI, Hanum; SUPARMI, Suparmi. Imajinasi Anak dalam Menunjang Perkembangan Emosional Anak. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 55–64, dec. 2024. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/2776>. Date accessed: 02 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/hadlonah.v5i2.2776.