Efektivitas Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan

  • Merlin Shabrina UPI Kampus Purwakarta
  • Nahrowi Adjie UPI Kampus Purwakarta
  • Jojor Renta Maranatha UPI Kampus Purwakarta

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of children's independence with the habituation method. This research uses descriptive quantitative. The research location is in early childhood education, Simpangan village, Cikarang Utara district, Bekasi district. The result of this research is that the design of the habituation method is carried out in several steps with a focus on how to accustom early childhood to their respective levels of independence, especially in everyday life. Steps that can be taken in designing the habituation method in increasing the independence of early childhood such as making RPPH that are adjusted to the indicators of independence, then assessed by using observation which is of course supervised by the teacher. The form of habituation method in early childhood is a collection or treatment step (treatment) which is divided into four stages or different forms of treatment. Changes made to early childhood independence use the habituation method. There is an effectiveness of children's independence with the independence method.


Abstrak


Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas kemandirian anak dengan metode pembiasaan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Adapun lokasi penelitian berada di PAUD lingkungan desa Simpangan Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Hasil dari penelitian ini ialah perancangan metode pembiasaan dilakukan dengan beberapa Langkah dengan focus pada bagaimana mebiasakan anak usia dini pada tingkat kemandirian masing-masing, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Langkah yang bisa dilakukan dalam perancangan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini seperti membuat RPPH yang disesuaikan dengan indikator kemandirian, kemudian dinilai dengan menggunakan cara observasi yang tentunya diawasi oleh gurunya. Bentuk metode pembiasaan pada anak usia dini merupakan kumpulan atau Langkah perlakuan (treatment) yang terbagi pada empat tahap atau bentuk perlakuan yang berbeda-beda. Terjadinya perubahan yang dilakukan terhadap kemandirian anak usia dini menggunakan metode pembiasaan. Terdapat efektivitas kemandirian anak dengan metode kemandirian.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.
Depdiknas. (2013). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah RI Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Wajib Belajar.
Iswantiningtyas, V., & Raharjo, I. B. (2015). KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (Studi di Taman Kanak-kanak Tauladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri) Program Studi PG-PAUD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. SELING: Jurnal Program Studi PGRA.
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Jurnal KORDINAT.
Sutirna, S. (2019). BUKU BIMBINGAN KONSELING (Pendidikan Formal, Non Formal, dan Informal). Universitas Singaperbangsa Karawang.
Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882.
Published
2021-02-28
How to Cite
SHABRINA, Merlin; ADJIE, Nahrowi; MARANATHA, Jojor Renta. Efektivitas Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-8, feb. 2021. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/283>. Date accessed: 05 jan. 2025.