Efektifitas Kegiatan Bernyanyi dalam Memotivasi Kemampuan Membaca Anak Kelompok B1 Di RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon
Abstract
This study aims to determine the Effectiveness of Singing Activities in Motivating the Reading Ability of Children of Group B1 RA Uswatun Hasanah, Sumber Kidul Village, Babakan District, Cirebon Regency. This research is motivated by low reading ability. This research aims to prove that singing activities are effective in motivating reading skills. This research is a quasi-experimental or quasi-experimental study, using quantitative data analysis. The research subjects were 15 respondents. The design of this study was conducted before the experiment (pre-test) and after the experiment (post-test). The results of the research on the reading ability of Kidul's children before the effectiveness of singing activities obtained an average data of 1.26. After singing activities, children's reading ability has increased by 1.42. The difference in the ability to read before and after singing activities from the results of the t test obtained results of tcount (29.00)> (2.14) ttable, with a significance level of 5% so that Ho was rejected. It can be concluded that the level of effectiveness of singing activities in motivating reading skills is very significant. This research is expected to be an information and input material for teaching and learning activities at the PAUD level, especially in RA Uswatun Hasanah, Sumber Kidul Village to stimulate aspects of child development, especially in reading skills.
Keywords: singing activities; reading skill; early childhood
Abstrak
Penelitian ini membahas Efektivitas Kegiatan Bernyanyi dalam Memotivasi Kemampuan Membaca Anak Kelompok B1 RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca. Penelitian ini bertuiuan untuk membuktikan bahwa kegiatan bernyanyi efektif dalam memotivasi kemampuan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment atau eksperimen semu, dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Subyek penelitiannya adalah 15 responden. Desain penelitian ini dilakukan yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Hasil penelitian kemampuan membaca anak Kidul sebelum melakukan efektivitas kegiatan bernyanyi diperoleh data rata-rata 1,26. Setelah dilakukan kegiatan bernyanyi, kemampuan membaca anak mengalami kenaikan sebesar 1,42. Perbedaan kemampuan membaca sebelum dan sesudah kegiatan bernyanyi dari hasil uji t diperoleh hasil thitung(29,00) > (2,14) ttabel, dengan taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas kegiatan bernyanyi dalam memotivasi kemampuan membaca sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat PAUD khususnya di RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul untuk menstimulasi aspek perkembangan anak terutama dalam kemampuan membaca.
Kata Kunci : kegiatan bernyanyi; kemampuan membaca; anak usia dini
Downloads
References
Casta. Dasar-dasar Statistika Pendidikan. Cirebon: Tsania Press, 2014.
Dwiarti, Retno. ( 2013 ). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Masyithoh Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi pada Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak dipublikasikan
Hafizah, Ellyna. ( 2018 ). Uji Normalitas dan Homogenitas Data.
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
Hidayati, F., & Kamaludin, K. (2021). Analisis Pengaruh Teknik Think Pair Share dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi pada Taruna Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 463-471.
Hidayati, F. (2016). Keefektifan Metode Reciprocal Learning Dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau Dari Minat Membaca Karya Sastrasiswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Rosmala Dewi. ( 2005 ). Berbagi Masalah Anak Taman Kanak – kanak. Jakarta : Depdiknas.
Sari, Dwi Ambar. ( 2012 ). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode bernyanyi pada anak kelompok A TK Santa Anna Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi padaUniversitas Sebelas Maret Surakarta. Tidak dipublikasikan Sudjana. ( 2005 ). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana. ( 2008 ). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. ( 2008 ). Metode Penelitia Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008.
Sulistyoningsih,E. ( 2015 ). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Bernyanyi dengan Huruf dan Kata Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita 1 Sidomulyo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Skripsi pada Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tidak dipublikasikan.
Undang – Undang No. 20 ( 2003 ) , Sistem Pendidikan Nasional.
Wardani Y K. ( 2012 ). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Kegiatan Bernyanyi pada Anak Kelompok A1 di TK Firdaus Karangploso Malang., Skripsi pada Universitas Negeri Malang. Dipublikasikan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.