Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Flannelgraph di Kelompok B TK BPP Mawar VII Nanggerang-Kuningan

(Studi Penelitian Tindakan Kelas Di TK BPP Mawar VII Kuningan)

  • Neni Budiani IAI BUNGA BANGSA CIREBON

Abstract

The purpose of this study was to determine the steps of using flannelgrap media to improve the initial numeracy ability in children in group B TK BPP Mawar VII. In addition, to find out the increase in numeracy skills in group B TK BPP Mawar VII. After using flannelgraph media learning in this learning activity can improve the initial numeracy ability. In this activity children play with the beginning of counting activities to foster children's cognitive abilities. This research method uses classroom action research methods carried out in children in group B TK BPP Mawar VII Nanggerang Kuningan. This research was carried out for three months. The results of this study indicate that the first cycle of analysis amounted to 49.33% and the second cycle showed an increase of 85.33%. From the results of the implementation of research learning activities through this flannelgraph media kindergarten children can be more enthusiastic and improve learning achievement so that the interest in learning to count is motivated and to further train children's ability to count. Kindergartens are suggested to be able to pay attention, support and provide facilities to assist teacher efforts in helping the development of children.

Keywords:
Beginning Counting Abilit; Flannelgraph Media; and Early Childhood


Abstrak


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui langkah-langkah menggunakan media flannelgrap untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B TK BPP Mawar VII. Selain itu, untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B TK BPP Mawar VII. Setelah menggunakan pembelajaran media flannelgraph dalam kegiatan pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan. Dalam kegiatan ini anak bermain dengan kegiatan berhitung permulaan untuk menumbuhkan kemampuan kognitif anak.  Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang di laksanakan pada anak kelompok B TK BPP Mawar VII Nanggerang Kuningan. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis siklus I sebesar 49,33% dan pada siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 85,33%. Dari hasil pelaksanaan penelitian kegiatan pembelajaran melalui media flannelgraph ini anak TK dapat lebih semangat dan meningkatkan prestasi belajar sehingga minat dalam belajar berhitung termotivasi serta untuk lebih melatih kemampuan anak dalam berhitung. TK disarankan agar dapat memperhatikan, mendukung dan memberikan fasilitas untuk membantu upaya guru dalam membantu perkembangan anak.


Kata Kunci : Kemampuan Berhitung Permulaan; Media Flannelgraph; dan Anak Usia Dini


   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. ( 2002 ). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Casta. Dasar-dasar Statistika Pendidikan. Cirebon: Tsania Press, 2014.
Dwiarti, Retno. ( 2013 ). PeningkatanKemampuan Membaca Permulaan
Menggunakan Permainan Kartu Kata Pada Anak Kelompok B TK Masyithoh Ngasem Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi pada Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak dipublikasikan
Hafizah, Ellyna. ( 2018 ). Uji Normalitas dan Homogenitas Data.
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
Hidayati, F., & Kamaludin, K. (2021). Analisis Pengaruh Teknik Think Pair Share dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi pada Taruna Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 463-471.
Hidayati, F. (2016). Keefektifan Metode Reciprocal Learning Dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau Dari Minat Membaca Karya Sastrasiswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Rosmala Dewi. ( 2005 ). Berbagi Masalah Anak Taman Kanak – kanak. Jakarta : Depdiknas.
Sari, Dwi Ambar. ( 2012 ). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode bernyanyi pada anak kelompok A TK Santa Anna Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi padaUniversitas Sebelas Maret Surakarta. Tidak dipublikasikan
Sudjana. ( 2005 ). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana. ( 2008 ). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-02-28
How to Cite
BUDIANI, Neni. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Flannelgraph di Kelompok B TK BPP Mawar VII Nanggerang-Kuningan. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 78-96, feb. 2020. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/62>. Date accessed: 06 jan. 2025.