Penerapan Supervisi Klinis Teknik Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru
Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah ini pada dasarnya ingin mengetahui apakah melalui supervisi klinis dengan Teknik kelompok dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru di TKIT Alief Mardhiyah. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan sekolah, mengacu pada model penelitian Kemmis dan Taggart yang dirancang dengan proses siklus yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan melakukan refleksi. Tahapan ini terus berlangsung per individu sampai permasalahan dalam menerapkan tiga keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran dan keterampilan mengelola kelas dapat terselesaikan. Hasil analisis data guru dalam menerapkan ketiga keterampilan dasar mengajar yaitu pada siklus I 77,16 dan pada siklus II 85,01. Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan guru yaitu 85,01 – 77,16 = 7,85. Dengan demikian penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran dan keterampilan mengelola kelas guru di TKIT Alief Mardhiyah yang dibuktikan dengan adanya peningkatan masing-masing keterampilan dari siklus I ke siklus II. Untuk itu diharapkan kepada pengawas sekolah agar membimbing guru melalui kegiatan supervisi klinis secara berkelanjutan.
Downloads
References
Bafadal, Ibrahim. 1992. Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru. Jakarta: Bumi Aksara
Dadang, Sukirman. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI Press
Darmadi, Hamid. 2012. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Iriyani, Dwi. 2008. Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan
Hamalik, Oemar. 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta:Bumi Aksara
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Manajerial pada Kurikulum 2013. Jakarta
Lovell, John & Wiles Kimball. 1983. Supervision for better schools: Fifth Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Muslim, Sri Banun. 2009. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta
Nasution. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Grasindo
Olivia, P.F.1993 Supervision of Today’s Schools. New York: Longman
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali press.
Sagala, Saiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Sahertian, Piet A. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Siregar, Yusni. 2010. Upaya Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Klinis di SMP N Kecamatan Medang Deras. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Unimed
Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya
. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 1996. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya