Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur`an Secara Tartil Siswa SMA Islam Al-Azhar 5 Kota Cirebon
Abstract
This thesis examines the effect of the application of the demonstration method and learning motivation on the students' ability to read the Qur'an in Tartan Islamic high school Al-Azhar 5 Cirebon City. This research is a descriptive quantitative research. a balance between: a) Human relations with Allah SWT b) Human relations with fellow humans c) Human relations with oneself d) Human relations with other creatures and their environment. The scope of Islamic Religious Education subject matter includes five main elements, namely: a) al-Qur'an b) Aqidah c) Shari'ah d) Morals e) Date. In this research, the writer will focus on learning Al-Qur'an education using demonstration method. This has the aim that by implementing the demonstration method in learning al-Qur'an education, it can improve the ability of students to read the al-Qur'an. To achieve the maximum learning goals and objectives, a good delivery method is needed, which is commonly called a method. Respondents' responses regarding the use of the demonstration method in the Al-Qur`an Education subject were sufficient. This is evident from the average results of the application of the demonstration method, most of which are in the good category with an average percentage of achievement of 78.75% because it is in the 75% - 100% interval. As for the relationship between the application of the demonstration method in increasing learning motivation and the ability to read Al-Qur`an in tartile manner at AL-Azhar 5 Senior High School in Cirebon, there is a moderate correlation. This can be proven from the calculation of the correlation coefficient with a value of 0.696 which is in the range 0.40-0.70. The magnitude of the influence of the demonstration method on tartiles was 48.44%, while the remaining 51.56% was influenced by other factors not examined. Demonstration method was found to significantly improve artillery because the "r" product moment is at the 95% significance level is 0.374 and at the 99% significance level is 0.478. Because robservation "ro" is greater than "rtabel" "rt", either at the 95% significance level (0.69> 0.374) or (0.69> 0.478), it is Ha which states that there is a significant positive correlation between the Demonstration Method in increasing motivation to learn to read Al-Qur`an in tartile manner at Al-Azhar 5 High School Cirebon City was accepted. Whereas Ho, who stated that there was no significant positive correlation between the Demonstration Method in improving the tartile way of reading Al-Qur`an at Al-Azhar 5 High School in Cirebon, was rejected.
Abstrak
Tesis ini mengkaji tentang Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur`An Secara Tartil Siswa SMA Islam Al-Azhar 5 Kota Cirebon Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.penelitian ini menggunakan ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi keserasian, keselarasan dan keseimbangan antara: a) Hubungan manusia dengan Allah SWT b) Hubungan manusia dengan sesama manusia c) Hubungan manusia dengan dirinya sendiri d) Hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya. Adapun ruang lingkup bahan pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi lima unsur pokok, yaitu: a) al-Qur’an b) Aqidah c) Syari’ah d) Akhlak e) Tarikh. Dalam penelitian ini penulis akan mefokuskan pada pembelajaran pendidikan al-Qur’an dengan menggunakan metode demonstrasi. Hal tersebut mempunyai tujuan bahwa dengan diterapkannya metode demonstrasi dalam pembelajaran pendidikan al-Qur’an dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca al-Qur’an. Untuk mencapai maksud dan tujuan pembelajaran yang maksimal diperlukan cara penyampaian yang baik, yang biasa disebut dengan metode. Tanggapan responden tentang penggunaan metode demontrasi pada mata pelajaran Pendidikan Al-Qur`an sudah cukup. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata pencapian penerapan metode demontrasi yang sebagian besar berada pada kategori baik dengan rata-rata prosentase pencapaian sebesar78,75 % karena berada pada interval 75 %- 100 %. Adapun hubungan antara penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan cara membaca Al-Qur`an secara tartil di SMAI AL-Azhar 5 Kota Cirebon terdapat korelasi sedang. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan koefisien korelasi dengan nilai 0,696 yang berada pada rentang 0,40-0,70. Besaran pengaruh metode demontsrasi terhadap tartil 48,44% sedangkan sisanya 51,56 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Metode Demontrasi ternyata secara signifikan meningkatkan ketartilan karena “r†product moment berada pada taraf signifikansi 95 % adalah 0,374 dan pada taraf signifikansi 99 % adalah 0,478 . Karena robservasi “ro†lebih besar dari “rtabel†“rt†,baik pada taraf signifikansi 95 % (0,69> 0,374) ataupun (0,69> 0,478), maka Ha yang menyatakan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Metode Demontrasi dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur`an secara tartil di SMAI Al-Azhar 5 Kota Cirebon diterima. Sedangkan Ho yang menyatakan bahwa tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara Metode Demontrasi dalam meningkatkan cara membaca Al-Qur`an secara tartil di SMAI Al-Azhar 5 Kota Cirebon ditolak.
Downloads
References
Abdul,Majid. 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya
Abdurahman Abu, 2016. At-Tartil, Jember, Thalibun Salih
Abdurrohim, Acep. 2003. Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap, Bandung: Cv Penerbit Diponegoro
Ahmad, Hatta. 2009. Tafsir Qur`an Perkata, Jakarta: Magfirah Pustaka
Ahmad, Tafsir. 1991. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
Ahmadi, Abu dan Joko Tripasetya. 2009. Strategi Belajar Mengaja, Bandung: Pustaka Setia
Aizid, Rizem. 2016. Tartil All-Qur`an untuk Kecerdasan dan Kesehatan, Yogyakarta: Diva Press
Aminuddin,Rasyad.2003.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UHAMKA Press
Anas, Muhammad,2014. Mengenal Metode Pembelajaran.Pasuruan: CV Pustaka Hulwa
Anisatul, Mufarokah. 2009. Strategi Belajar Mengajar, yogyakarta: Teras
Arief, Armai. 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Asya`ri, Abdullah. 1987. Pelajaran Tajwid, Surabaya: Apollo Bandung: Pustaka An-Naba
Badaruddin, Achmad. 2015.Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Konseng Klasikal. Jakarta: Cv Abe Kreatifindo
Basyirudin, Usman. 2002. Metodelogi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ceputat Pers
Departemen Agama RI, 2009, Pedoman Pembinaan TKQ/TPQ, Jakarta, Direktorat
Pendidikan Dinayah dan Pondok Pesantren
Fathurrohman Pupu. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama
Halid Hanafi, 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: Deepublish
Halmar, Mustopa.2008. Strategi Belajar Mengajar, Semarang: Unissula Press
Hamalik, Oemar.2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik,Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamka. 1990. Tafsir Al-Azhar,Singapura: Pustaka Nasional
Hisyam Zaini, dkk,2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogya Karta: CTSD
http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/ di akses pada hari senin 24 Agustus 2020
http://nafaspembaharuan.blogpsot.com diunggah 10 Maret 2017 Perilaku-tartil
http://qurandansunnah12.blogspot.co.id/2016/05/kaidah-kaidah-ilmu-tajwid.html diunggah 28 maret jam 13.00
http://www.jejakpendidikan.com/2017/03/metode-demonstrasi.html diunggah 20 Oktober 2020 pukul 20.30 WIB
https://googleweblight.com diunggah 4 Maret 23.00
https://www.google.co.id/search?q=motivasi diunggah 11 Desember pukul 03.00 Wib
Ian, Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran,http://jaririndu.blogspot.com/2013/07/makalah
metode-demonstrasi dalam.html (diakses pada tanggal 20 Oktober 2020) Jakarta: Grafindo Persada
Jamali Sahrodi, 2011.Filsafat Pendidikan Islam.Bandung: Arfino Raya
Khadijah, 2013, Belajar Dan Pembelajaran,Medan,Cita Pustaka Media
Khalid bin Abdul KarimnAl-Laahim. 2009. Kunci-kunci Tadabbur Al-Qur`an
Majid, Abdul. 2011. Praktikum Qira`at: Keanehan Bacaan Al-Qur`an Qiraat Ashim dari hafsah, Jakarta: Amzah
Masruri Yahya. 2009. 5 Jam Bisa Tartil Membaca Al-Qur`an, Surabaya: Yayasan Al-Huda Bina Insan Qur`ani
Mawardi, Abdullah. 2010. Ulumul Qur`an, Jember: Pustaka Pelajar
Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013
Mulyono. 2012. Setrategi Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press
Nana Sudjana.(1987). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : CV. Sinar Baru
Nurmawati, (2014), Evaluasi Pendidikan Islam,Bandung,Citapustaka Media
Paul Suparno ,Metode Pembelajaran Fisika
Qosim,dRizal.2014.Pengamalan Fiqih.Solo:Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Ramayulis. 2018. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Ridwan. 2008, Skala Pengkuran Variabel-variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta
Roes N.K dan Yumiati Suharto, (2001.) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksaraa
Rosdiana A. Bakar, (2009), Pendidikan Suatu Pengantar, Bandung, Citapustaka
Media Perintis
Rusman. 2011, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
S. Nasution (2012), Didaktik Asas-Asas Mengajar,Jakarta, PT.Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Depok:PT Raja Grafindo Persada
Siregar, Evelin. 2010. Teori belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Sudarman Danim, Media Komunikasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Sugihartono,dkk.2007.Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Uno, Hamzah, B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2012
Yudhi Munadi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada
Perss
Zainuddin Dja’far, Diktati Metodik .Pasuruan: PT Garoeda Buana Indah, 1995