Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah
Pada Bank Jabar Banten Syariah di Kotamadya Tangerang
Abstract
The development of sharia banking is more modern, based on islam and the many types of product, features anda other service facilities does not automatically become islamic banking as a solution to banking transactions and services that are expected by all levels of society, it is inseparable from the weaknesses that still lack of satisfaction level felt by customers. As for the research objectives, among other: 1) Information on product attributes sharia banking offices at PT. Bank bjb syariah in Tangerang City. 2) Influence of product attributes on the level of satisfaction at PT. Bank bjb syariah in Tangerang City. 3) Know the relationship between product attributes on the level of satisfaction of islamic banking customers at PT. Bank bjb syariah in Tangerang City. While the research method in the preparation of the thesis is a quantitative method by collecting data in the from of observations, questionnaires, documentation and literature studies, in this study using a sample as a respondent as many 251 respondents with a population of 671 customers. Based test of ANOVA or F count on can F count was 59,303, obtained SS Regresi=444,092 SS Residual=1864,657 MS Regresi=444,092 MS Residual=7.489,Sig Value <0,05, then H0 is rejected. This means that influences of product attributes (X1), Quality of Service (X2) & Office Network (X3) to the level of customer satisfaction (Y) PT. Bank Jabar Banten Syariah in Tangerang City.
Keywords : Product Attribute; Customer Satisfaction; Syariah Banking
Abstrak
Berkembangnya perbankan syariah yang semakin modern, berasaskan Islam dan telah banyaknya berbagai macam produk, fitur dan fasilitas layanan lainnya tidak secara otomatis menjadi perbankan syariah sebagai solusi atas transaksi dan pelayanan perbankan yang diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat, hal tersebut tidak terlepas dari adanya kelemahan sehingga masih kurangnya tingkat kepuasan yang dirasakan nasabah. Adapun tujuan penelitian ini antara lain: 1) Informasi atribut produk perbankan syariah pada PT. bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang. 2) Pengaruh atribut produk terhadap tingkat kepuasan nasabah perbankan syariah pada PT. bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang. 3) Mengetahui hubungan antara atribut produk terhadap tingkat kepuasan nasabah perbankan syariah pada PT. bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang. Sedangkan metode penelitan dalam penyusunan tesis ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebagai respondensinya sebanyak 251 responden dengan populasi 671 nasabah. Dari uji ANOVA atau Fhitung , didapat F hitung adalah 59,303 diperoleh SS Regresi=444,092 SS Residual=1864,657 MS Regresi=444,092 MS Residual=7.489 dan Nilai Sig < 0,05 maka H0 ditolak. Artinya Terdapat pengaruh Atribut Produk (X) terhadap Tingkat kepuasan nasabah (Y) PT. Bank bjb Syariah di Kotamadya Tangerang.
Kata Kunci : Atribut Produk; Kepuasaan Nasabah; Perbankan Syariah
Downloads
References
Badan Pusat Statistik. (2014). Kota Tangerang Dalam Angka 2014.
Bank bjb syariah (2015). Laporan Tahunan Annual Report 2015.
Danang Sunyoto (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis, Yogyakarta, Media Presindo. Darmanto dan Ismanto Setyabus, 2014, Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta, Gava
Duwi Prayitno. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, Yogyakarta, Mediakom. Edy Wibowo, UntungHandy Widodo, 2005. Mengapa Memilih Bank Syari’ah?, Bogor:
Elvinaro Ardianto. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relation Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Fandy Tjiptono. (2008). Startegi Pemasaran, Yogyakarta, Andi.
Frans M. Royan, Roy Kurniawan. (2011). Kiat Sukses Mendirikan Kantor Cabang, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gasperz V. (2002). Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gasperz, Vincent. (2002). Sistem Manajemen Kerja Terintegrasi Balance Scorecard dengan Six Sigma untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintahan, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ghalia Indonesia.
Handi, Irawan D., (2003). 10 Prinsip Kepuasaan Pelanggan, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo. Hadari Nawawi, 1998, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta, Gajah Mada University Press.
Ikatan Bankir Indonesia. (2014). Memahami Bisnis Bank Syariah, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.
Iqbal dalam Rahman El-Yunusi. (2009). Jurnal: Pengaruh Atribut Produk Islam, Komitmen Agama, Kualitas Jasa dan Kepercayaan terhadap Kepuasaan dan Loualitas Nasabah Bank Syariah (pada Bank Muamalat Kota Semarang), Jurnal: Annual Converennceon Islamic Studies ke 9 tahun, Dosen Prodi Ekonomi Islam FakultasSyariah IAIN Walisongo Semarang.
Irawan D., Handy. (2003). Indonesia Customer Satisfaction, Membedah Startegi Kepuasan Pelanggan Merk Pemenang, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo.
Jonathan Sarwono. (2006). Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS, Yogyakarta, CV. Andi Offset.
Kahar Mansyhur. (1999). Beberapa Pendapat Mengenai Riba, Jakarta, Kalam Mulia. Kasmir. (2010). Pemasaran Bank, Edisi Revisi, Jakarta, Kencana Prenada Media Grup.
Kotler Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jakarta, Erlangga.
Kotler Philip. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indoensia, Jakarta, Salemba Empat.
Kotler Philip. (2009). Manajemen Pemasaran, Jakarta, Erlangga.
Leonard, L. Berry, Valerie Ziethnal & Parasuraman. (1991). Marketing Service, New York, Free Press.
Lovelock Christoper H., Service Marketing, USA, Prentice Hall Inc.
M. Luthfi Hamidi. (2003). Jejak-Jejak Ekonomi Syariah, Jakarta: Senayan Abadi Publishing. Muhammad. (2005). Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta, UPP AMP YKPN.
Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam
Rachmadi Usman. (2002). Aspek-Aspek Hukum Perbankan Islamdi Indonesia, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Rambat Lupioyadi dan A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Jakarta, Salemba Empat.
Rangkuti F. (2003). Measuring Customer Satisfaction (Teknik Mengukur dn Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan), Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Riduwan dan Engkos. (2008). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis), Bandung, Alfabeta.
Rimsky K. Judisseno. (2002). Sistem Moneter dan Perbankan Di Indonesia, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitiatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharsini Arikunto. (1996). Prosedur Penelitian, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Thomas Suyatno, Djuhaepah T, Marala, dkk., 2015. Kelembagaan Perbankan, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tijptono, Fandi. (2000). Manajemen Jasa, Yogyakarta, Andi Offset.
Tijptono, Fandi. (2002). Strategi Pemasaran Modern, Edisi II, Yogyakarta, Andi Offset.
Tijptono, Fandi., Anastasia Diana. (1995). Total Quality Management (TQM), Ed. 2 cet 1., Yogyakarta, Andi Offset.
Tim Pengembangan Perbankan Syari’ah Institute Banking Indonesia. (2002). Konsep, Produk, Implementasi OperasionalBak Syari’ah, Jakarta: Karya Unipress.
Triguno. (1997). Budaa Kerja: Menciptakan Lingkungan yang Kondusif untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja, Jakarta, Golden Trayono Press.
Undang-undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah www.ojk.go.id/data-statistik-perbankan-indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.