KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KERJA TIM PRODUCTION HOUSE PAPIPUPA.ID BANDUNG
Abstract
Komunikasi kelompok sangat berpengaruh terhadap hasil kerja team, khususnya team kerja yang anggotanya wajib berinteraksi secara aktif sepanjang pelaksanaan pekerjaan dengan memakai Bahasa verbal pendek serta bahasa non verbal, seperti sutradara dengan camera man. Komunikasi dalam kelompk yang kurang baik bisa menimbulkan kendala terhadap pelaksanaan pekerjaan sebab minimnya pemahaman terhadap data ataupun penyampaian data yang senantiasa terlambat. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif, karena penelitian ini menggunakan analisis data yang berbentuk pernyataan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan daftar beberapa pertanyaan yang di lontarkan kepada narasumber dalam wawancara dan menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pertama seseorang manajer wajib jadi komunikator yang baik. Manajer yang tidak bisa berbicara dengan bawahannya tentang pekerjaan-pekerjaan ataupun tentang sesuatu yang berhubungan dengan tugas serta tanggungjawabnya. Kedua, tiap karyawan baru di rumah produksi Papipupa.id diberikan bekal ilmu dasar terlebih dulu sampai mereka sanggup mempraktekannya dalam pekerjaan. Pengenalan bagian kerja serta apa yang hendak dikerjakan ialah perihal utama yang diberikan oleh pimpinan sebelum karyawan tersebut terjun langsung dalam pekerjaan. Pelaksanaan komunikasi kelompok dalam tim Production House Papipupa.id dalam meningkatkan kualitas tim post produksi masih minim Sumber Daya Manusia (SDM). Ketiga, Sistem informasi rumah produksi membantu dalam mengelola data transaksi pemesanan paket maupun mengatur jadwal syuting dan menyajikan informasi laporan. Laporan yang dihasilkan yaitu laporan transaksi paket, pendapatan dan pengeluaran dari setiap transaksi di rumah produksi Papipupa.id. Pengaruh dari sistem yang dibangun membantu penyederhanaan dalam penumpukan data yang tidak terorganisir dan dapat memberikan informasi yang cepat dan tepat
Downloads
References
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).