Penerapan Hypnoteaching Pada Remaja Sebagai Pencegahan Cyber Bullying

  • Iis Holiah IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Muhammad Salwa Gurda UIN Sunan Gunun Djati Bandung

Abstract

Cyber bullying adalah salah satu bentuk perundungan yang terjadi di dunia digital. Cyber bullying dapat berdampak negatif bagi korban, baik secara fisik maupun mental. Oleh karena itu, penting untuk mencegah cyber bullying. Hypnoteaching adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan teknik hipnosis. Hypnoteaching dapat digunakan untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar seseorang. Hal ini dapat menjadi potensi yang besar untuk mencegah cyber bullying, karena pikiran bawah sadar merupakan faktor penting dalam perilaku seseorang.Berdasarkan hasil analisis, potensi penerapan hypnoteaching untuk mencegah Cyber bullying dapat dilihat dari beberapa aspek. Dalam aspek psikologis: (1) Meningkatkan kesadaran akan cyber bullying, (2) Meningkatkan empati terhadap korban cyber bullying, (3) Meningkatkan kemampuan mengendalikan emosi, (4) Meningkatkan kemampuan menyelesaikan konflik. Kemudian dalam aspek sosial, manfaat yang ditemukan adalah: (1) Menumbuhkan rasa percaya diri, (2) Meningkatkan hubungan interpersonal. Berdasarkan aspek-aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa hypnoteaching memiliki potensi yang besar untuk menjadi langkah preventif yang efektif terhadap cyber bullying. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas hypnoteaching dalam mencegah Cyber bullying secara empiris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Riyani, A., Pratama, G., & Surahman, S. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Published
2024-02-23
How to Cite
HOLIAH, Iis; GURDA, Muhammad Salwa. Penerapan Hypnoteaching Pada Remaja Sebagai Pencegahan Cyber Bullying. Change Think Journal, [S.l.], v. 2, n. 04, p. 315-323, feb. 2024. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/1413>. Date accessed: 06 jan. 2025.