Tren Wisata Desa: Usaha Mengubah Wajah Desa Ciwaringin Menjadi Tujuan Wisata Unggulan Kabupaten Cirebon

  • Cory Vidiati Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farisa Azhari Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Widodo Aris Hidayatullah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Nur Hidayatuljannah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Tiyas Agustine Azhari Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Yanuar Susanti Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk menganalisa kelayakan bisnis Islam dalam pengembangan desa wisata halal di Ciwaringin Cirebon. Pendekatan kualitatif digunakan, pengumpulan data berbasis studi literatur dengan metode deskriptif empiris, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dengan observasi dan pengamatan langsung di lapangan, juga data sekunder berupa jurnal, buku dan berita online. Untuk mendapatkan jurnal yang diinginkan menggunakan publish or perish. Temuan penulis bahwa Desa Ciwaringin Cirebonmerupakan salah satu desa potensial untuk dijadikan desa wisata, selain masyarakat religious, terdapat beberapa potensi wisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Artikel ini membatasi kajian dari aspek non finasial yang terdiri dari pemanfaatan masyarakat lokal, pelestarian budaya dan pemasaran menunjukkan suatu kelayakan. Implikasi praktis yang didapat dari penelitian ini adalah fokus menjadikan desa Ciwaringin menjadi desa wisata unggulan. Studi ini memberikan hasil bahwa Desa Ciwaringin layak menjadi desa wisata dengan beberapa pembenahan. Artikel ini membuka peluang bagi penelitian selanjutnya yang sejenis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2022-03-30
How to Cite
VIDIATI, Cory et al. Tren Wisata Desa: Usaha Mengubah Wajah Desa Ciwaringin Menjadi Tujuan Wisata Unggulan Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 26-41, mar. 2022. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/692>. Date accessed: 07 jan. 2025.