Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Era Pandemi Covid-19 Dalam Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas X Jurusan Farmasi SMK Farmasi YPIB di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Era Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas X Jurusan Farmasi SMK Farmasi YPIB di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi adanya pandemi covid-19 yang berdampak pada semua sektor khususnya di bidang pendidikan yang berdampak pada minat dan motivasi belajar siswa menurun karena merasa bosan, jenuh dan monoton sehingga siswa menjadi tidak antusias dalam belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, interview wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar PAI siswa kelas X jurusan farmasi di SMK Farmasi YPIB Kedawung dilakukan secara online dengan memanfaatkan berbagai media seperti whatsapp, google classroom, zoom meeting dan school management system (SMS). Hambatan dalam pembelajaran online diantaranya sulitnya merancang RPP yang sesuai keadaan siswa dan kemampuan guru, keadaan ekonomi keluarga yang berdampak pada ketidakmampuannya membeli kuota; siswa merasa bosan, kurangnya perhatian orangtua dalam mengawasi anaknya belajar di rumah, guru tidak bisa memastikan perkembangan belajar siswa secara menyeluruh, sehingga hasil belajar siswa selama pembelajaran jarak jauh belum bisa mencerminkan keberhasilannya. Oleh karena itu, sekolah mengeluarkan kebijakan yaitu mengadakan In House Training (IHT) dalam perancangan RPP, memberikan bantuan kuota kepada siswa baik dari pemerintah maupun sekolah, wali kelas bekerjasama dengan guru untuk selalu berkomunikasi dengan orangtua dan mengevaluasi perkembangan siswa selama belajar di rumah
Downloads
References
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).