PENGGUNAAN MEDIA STICK ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN (STUDI KASUS DI KELOMPOK BERMAIN AL-MUHAJIRIN INDOGRIYA KELOMPOK B DESA KLANGENAN KECAMATAN KLANGENAN KABUPATEN CIREBON)
Abstract
Konsep bilangan merupakan konsep dasar dalam memahami matematika, karena itu pemahaman tentang konsep bilangan pada anak usia dini menjadi salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak yang akan memberikan pengaruh terhadap kemampuan matematika di masa perkembangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal konsep bilangan masih rendah, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut maka solusinya adalah dengan menggunakan media stick angka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana pengumpulan datanya menggunakan observasi terhadap anak kelompok B di Kelompok Bermain Al-Muhajirin Indogriya Desa Klangenan Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon dan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah kemampuan mengenal konsep bilangan anak sebelum pemberian tindakan penggunaan media stick angka menunjukkan kemampuan anak masih kurang tinggi yang dibuktikan dengan persentase total pencapaian indikator hanya sebesar 35%. Pelaksanaan pemberian tindakan penggunaan media stick angka pada pembelajaran mengenal konsep bilangan menggambarkan bahwa pada tiap siklus guru membuat perubahan dan perbaikan tindakan sehingga menghasilkan kegiatan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan tidak monoton bagi anak. Kemampuan mengenal konsep bilangan anak sebagai hasil pemberian tindakan penggunaan media stick angka diketahui bahwa pada siklus I total persentase pencapaian indikator kemampuan mengenal konsep bilangan anak sebesar 64,2% dengan interpretasi cukup tinggi dan pada siklus II total persentase pencapaian indicator kemampuan mengenal konsep bilangan anak mengalami peningkatan sebesar 91,7% dengan interpretasi sangat tinggi. Harapannya adalah media stick angka dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran pada anak usia dini.
Downloads
References
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).