Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Pemantapan Karir Studi Lanjut Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap pemantapan karir studi lanjut siswa kelas XII SMA Sekolah Indonesia Davao-Filipina. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 17 siswa dengan menggunakan teknik sosiodrama. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemantapan karir studi lanjut siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 39,94 meningkat menjadi 81,00 pada posttest. Hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai Z -3,622 dan sig. 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap pemantapan karir studi lanjut siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk memantapkan karir studi lanjut siswa kelas XII SMA Sekolah Indonesia Davao-Filipina.
Downloads
References
Fahmi, A. 2021. “Gambaran Perencanaan Dan Pelaksanaan Modeling Langsung Karir Siswa Di Man 2 Model Makassar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(1): 175–83. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/1087.
Fajrah, Nofriani et al. 2023. “Pembinaan Strategi Persiapan Karir Bagi Siswa SMK Di Kota Batam.” Jurnal Pengabdian Barelang 5(1): 15–21. doi:10.33884/jpb.v5i1.6610.
Fauziah, Zazin, Siti Wahyuningsih, and Ruli Hafidah. 2020. “222 Jurnal Kumara Cendekia Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN.” 8(2). https://jurnal.uns.ac.id/kumara.
Puspita, Elina Ayu, Jahju Hartanti, and Elia Firda Mufida. 2023. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Cyber Bullying Pada Remaja.” Edu Consilium?: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam 4(1): 76–86. doi:10.19105/ec.v4i1.7023.
Putri, Marsantiya Dwi Ayu, Yovitha Yuliejantiningsih, and Ismah Ismah. 2022. “Hubungan Antara Self Efficacy Dan Perencanaan Karir Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Moga Kabupaten Pemalang.” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 6(2): 239–49. doi:10.31316/g.couns.v6i2.3463.
Ratna Nimatul Rohma. 2023. “Perencanaan Karir Siswa SMA: Tinjauan Literatur Yang Sistematis.” Conseils?: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 3(1): 50–60. doi:10.55352/bki.v3i1.185.
Sulusyawati, Heni, and Syamsuddin Syamsuddin. 2021. “Budaya Suku Lembak Mempengaruhi Perencanaan Karier Siswa.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling 4(3): 460–70. doi:10.26539/teraputik.43564.