Studi Literatur: Teori Perkembangan Karir Donald Edwin Super

Studi Literatur: Teori Perkembangan Karir Donald Edwin Super

  • Bela Janare Putra Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Selama musim dingin pertama di Polandia, Super kehilangan kakaknya
karena penyakit fatal. Semenjak itu, Super mengembangkan a rational
intellect dan an iron will yang menjadi mekanisme penanganan utamanya. Ia
mengandalkan sifat-sifat ini sambil bersekolah di asrama di Jenewa. Setelah
lulus, ia kuliah di Oxford University dan menerima gelar BA dalam sejarah
ekonomi. Teori self-concept merupakan bagian yang sangat penting dari
pendekatan Super terhadap perilaku vokasional. Penelitian menunjukkan
bahwa vocational self-concept berkembang melalui pertumbuhan fisik dan
mental, observasi kehidupan bekerja, mengidentifikasi orang dewasa yang
bekerja, lingkungan umum, dan pengalaman pada umumnya. Pada akhirnya,
perbedaan dan persamaan antara diri sendiri dan orang lain akan terasimilasi.
Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Super, kelebihannya ialah Setiap
individu memiliki potensi, sehingga seseoarang yang memiliki keterampilan
dan bakat yang mampu mereka kembangkan menjadikan mereka mampu di
berbagai tugas. Selain itu dapat membantu siswa atau seseorang memperjelas
konsep diri. Mewujudkan konsep diri dalam suatu bidang yang paling
diinginkan untuk mengekspresikan diri sendiri dan juga berkaitan dengan
pilihan terhadap peran yang dimiliki, tersedianya kesempatan untuk
mengambil keputusan sepanjang hidup serta dapat mengetahui tahap
perkembangan karir jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, D. (2007). Career Information, Career Counseling, Career
Development. Boston: Person Education inc.
Gibson, Robert L. dan Marianne H. Mitchell. (2011). Bimbingan dan
Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gladding, Samuel T. (2009). Konseling, Profesi yang Menyeluruh. Jakarta:
Indeks
Hidayat, Dede Rahmat. (2011). Psikologi Kepribadian dalam konseling.
Bogor: Ghalia Indonesia
Nurihsan, A. Juntika dan Mubiar Agustin. (2011). Dinamika Perkembangan
Anak dan Remaja, Tinjauan Psikologis, Pendidikan, dan Bimbingan.
Bandung: PT Refika Aditama
Rahma, Ulifa. (2010). Bimbingan Karier Siswa. Malang: UIN MALIKI
PRESS
Rahmad. (2013). Bimbingan Karir Suatu Kajian Teoritis. Pekanbaru: Riau
Creative Multimedia.
Suherman, Usman. Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan.
Bandung: Pasca Sarjana UPI.
Winkel, W.S. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi pendidikan.
Jakarta: Grasindo
Zunker, Vernon G. (1986). Career Counseling: Applied Concepts of Life
Planning. Second Edition. Chapter 2: Theories of Career Development.
Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company.
Published
2021-02-28
How to Cite
PUTRA, Bela Janare. Studi Literatur: Teori Perkembangan Karir Donald Edwin Super. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 22-30, feb. 2021. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/254>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v2i1.254.
Section
Articles