Coping Proaktif Mahasiswa Dalam Mengerjakan Tugas Akhir
Abstract
Sebagian mahasiswa semester akhir pada lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta sering kali mengeluh perihal kesulitan mengerjakan tugas akhir. Penelitian ini bertujuan mengetahui coping proaktif mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 98 mahasiswa dan jumlah sampel 49 mahasiswa melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa coping proaktif mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir yaitu dilihat dari 13 aspek coping proaktif yaitu aspek keaktifan 8,53%, aspek mencari dukungan sosial bersifat emosional 7,72%, aspek penindasan aktivitas bersaing 8,04%, aspek positif penafsiran ulang dan pertumbuhan 7,44%, aspek penerimaan 8,60%, aspek kontrol diri 7,69%, aspek mencari dukungan sosial bersifat instrumental 7,69%, aspek pelepasan perilaku 7,45%, aspek religiusitas 7,85%, aspek perencanaan 8,57%, aspek fokus dan pelampiasan emosi 5,96%, aspek penolakan 6,90%, aspek pelepasan mental 7,57%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa aspek coping proaktif mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir paling besar dalam penelitian ini yaitu aspek penerimaan sedangkan aspek paling rendah ada pada aspek fokus dan pelampiasan emosi.
Downloads
References
Sosial Dan Strategi Coping Dengan Kebahagiaan Pada Mahasiswa Yang Sedang
Mengerjakan Skripsi. ANFUSINA J. Psychol. 5, 185–196. 1
Ambarwati, P.D., Pinilih, S.S., Astuti, R.T., 2019. GAMBARAN TINGKAT STRES
MAHASISWA. J. Keperawatan Jiwa 5, 40–47.
Azizah, N., Saputro, H., 2020. Implementasi Official Website Sekolah untuk Peningkatan
Mutu Layanan pada SMA Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus. E-Dimas J. Pengabdi.
Kpd. Masy. 11, 139–143.
Broto, H.D.F.C., 2016. Stres pada mahasiswa penulis skripsi (studi kasus pada salah satu
mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma)
(skripsi). Sanata Dharma University.
Deepthi, D.P., Jeyavel, S., Subhasree, G., Jojo, C.E., 2022. Proactive coping and social
emotional adjustment among students with and without learning disabilities in Kerala, India. Front. Psychol. 13, 949708.
Hariyanto, 2017. Gambaran Dukungan Sosial dan Proactive Coping sebagai Prediktor Tingkat
Depresi pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Tugas Akhir (Thesis). Program
Studi Psikologi FPSI-UKSW.
Julika, S., Setiyawati, D., 2019. Kecerdasan Emosional, Stres Akademik, dan Kesejahteraan
Subjektif pada Mahasiswa. Gadjah Mada J. Psychol. GamaJoP 5, 50–59.
Krueger, K.L., Diabes, M.A., Weingart, L.R., 2022. The psychological experience of
intragroup conflict. Res. Organ. Behav. 42, 100165.
Kurniawati, W., Setyaningsih, R., 2022. MANAJEMEN STRESS PADA MAHASISWA
TINGKAT AKHIR DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI. J. -NUR Kaji. Ilmu-Ilmu
Pendidik. Dan Keislam. 8.
Lestari, S.D., Wisnu Sri Hertinjung, S.P., 2017. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional
Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas
Muhammadiyah Surakarta (s1). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lio, S., Sembiring, K., 2019. Strategi Coping Mahasiswa Tugas Akhir Program Studi
Bimbingan Dan Konseling. Indones. J. Learn. Educ. Couns. 2.
Maulinawati, A., 2014. Pengaruh tipe-tipe stresor terhadap proaktif koping mahasiswa baru
Fakultas Psikologi angkatan 2013 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(undergraduate).
Universitas
Islam
Negeri
https://doi.org/10/10410039%20Lampiran.pdf
Maulana
Malik
Ibrahim.
Muyana, S., 2018. Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan
dan konseling. Couns. J. Bimbing. Dan Konseling 8, 45–52.
Muyana, S., 2018. Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan
dan konseling. Couns. J. Bimbing. Dan Konseling 8, 45–52. h8
Novelia, B., 2022. Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres dalam Menyusun Skripsi pada
Mahasiswa Bimbingan Konseling IAIN Batusangkar. IAIN Batusangkar.
Rahmad, L. ode A., Abas, M., Marhan, C., 2024. Konsep Diri terhadap Proaktif Koping pada
Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi. J. Sublimapsi 5, 58–64.
Robyani, N.M., Ritonga, A.H., Mubyarto, N., n.d. Pengaruh Religiusitas, Pelayanan, dan
Promosi terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah | Journal of Comprehensive
Islamic Studies.
Saihu, M., 2021. Strategi Coping Stress Mahasiswa Dalam Penulisan Skripsi. Alim J. Islam.
Educ. 3.
Sakti, H.B., Wandansari, Y., 2023. STRATEGI REGULASI EMOSI SECARA KOGNITIF
PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PSIKOLOGI YANG SEDANG
MENYELESAIKAN SKRIPSI. Exp. J. Psikol. Indones. 11, 88–107.
Saman, A., 2017b. Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa
Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). J. Psikol.
Pendidik. Konseling J. Kaji. Psikol. Pendidik. Dan Bimbing. Konseling 3, 55–62.
Sampe, P.D., 2021. COPING STRESS MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN YANG MENYUSUN SKRIPSI. Pedagog. J. Pedagog. Dan Din.
Pendidik.
Sampe, P.D., 2021. COPING STRESS MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN YANG MENYUSUN SKRIPSI. Pedagog. J. Pedagog. Dan Din.
Pendidik. 9, 68–76.
Sari, D.A.M., Rahayu, D., 2022. Peran Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Pada
Mahasiswa Tingkat Akhir. Psikoborneo J. Ilm. Psikol. 10, 741–751.
Sipayung, N., 2016. Coping stres penulis skripsi (studi deskriptif pada mahasiswa angkatan
2012 program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma tahun ajaran
2015/2016) (skripsi). Sanata Dharma University.
Straud, C., McNaughton-Cassill, M., Fuhrman, R., 2015. The role of the Five Factor Model of
personality with proactive coping and preventative coping among college students.
Personal. Individ.
Suhendro, G.A., Agustina, A., 2022. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kecemasan
Akademik: Studi pada Mahasiswa Universitas X di Jakarta. Provitae J. Psikol. Pendidik.
15, 70–92.
Sunarto, N.L., 2022a. HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN PROACTIVE
COPING MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS-TUGAS KULIAH
(other). Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
Suryana, N.A., 2022. STRATEGI COPING MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN
TUGAS AKHIR DI MASA PANDEMI COVID-19. EMPATI J. Ilmu Kesejaht. Sos.
11, 157.
The Journal of Universitas Negeri Surabaya [WWW Document], n.d. URL
https://ejournal.unesa.ac.id (accessed 10.5.23).
Widiarti, I.S., Indrawati, E.S., Desiningrum, D.R., 2013. Coping Stres Pada Pengangguran
Tenaga Kerja Terdidik (Journal:eArticle). Empati J. Karya Ilm. S1 Undip. Universitas
Diponegoro.
Widiarti, I.S., Indrawati, E.S., Desiningrum, D.R., 2013. Coping Stres Pada Pengangguran
Tenaga Kerja Terdidik (Journal:eArticle). Empati J. Karya Ilm. S1 Undip. Universitas
Diponegoro.
Yunalia, E.M., Jayani, I., Suharto, I.P.S., Susilowati, S., 2021. Kecerdasan Emosional dan
Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. J.
Keperawatan Jiwa
Yunalia, E.M., Jayani, I., Suharto, I.P.S., Susilowati, S., 2021. Kecerdasan Emosional dan
Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. J.
Keperawatan Jiwa 9, 869–878.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya