Studi Kasus Konsep Pemahaman Diri Siswa MTs N 3 Cirebon

Studi Kasus Konsep Pemahaman Diri Siswa MTs N 3 Cirebon

  • Nakhma’ussolikhah Nakhma’ussolikhah IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Pada prinsipnya siswa kelas VII D merupakan individu yang ada disekolah
dan perlu diberi bimbingan berupa pengembangan diri pada bidang pribadi
disebut dengan layanan klasikal, layanan individual maupun layanan
kelompok. Sesuai dengan usia perkembangan dan jenjang peralihan dari
masa anak – anak menuju remaja awal dikenal dengan istilah masa transisi.
Penelitian ini dilatar belakangi sikap pemahaman diri siswa perlu diketahui
oleh guru BK dan wali kelas VII D. Tujuan dalam penelitian ini Untuk
menggali permasalahan terkait konsep pemahaman diri pada siswa kelas VII
D di MTs Negeri 3 Cirebon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif yang bersifat studi kasus dengan perolehan sumber data primer
siswa kelas VII D sesuai dengan indikator konsep pemaham diri siswa,
bersama 3 responden (YM, AL, CH,) dan data sekunder meliputi guru BK
kelas VII, Wali kelas VII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa pedoman wawancara (interview guide), pedoman observasi, Analisis
yang digunakan dengan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian yang
telah dilakukan yaitu konsep pemahaman diri negatif siswa kelas VII D di
MTs N 3 Cirebon Diketahui siswa yang memiliki konsep diri negative
terdapat 3 siswa yang sesuai dengan indikator dari guru BK, wali kelas VII
D.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jalaludin, Rakhmat, 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Juntika Ahmad Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan & Konseling.
Bandung: Refika Aditama.
Kartono, Kartini & Dani Gulo. 2003. Kamus Psikologi. Bandung: CV. Pionir
Jaya.
Marliani Rosleny. 2016. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja.
Bandung: Pustaka Setia.
Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan Konseling (Studi dan
Karir).Yogyakarta: PT.Andi
Wawancara virtual Responden YM. Pedoman wawancara Konsep
pemahaman Diri. 4 November 2020 pkl 13.00 Wib – 14.15 Wib.
Wawancara virtual AL. Pedoman wawancara Konsep pemahaman Diri. 7
November 2020 Pkl 15.00 Wib – 16.00 Wib
Wawancara virtual CH. Pedoman wawancara Konsep pemahaman Diri. 10
November 2020 Pkl 08.00 Wib – 10.00 Wib.
Wawancara virtual Guru BK. Pedoman wawancara Guru BK. 14 November
2020 Pkl 10.00 Wib – 11.15 Wib.
Wawancara Wali kelas. Pedoman wawancara. 18 November 2020 Pkl 11.00
Wib – 12.45 Wib.
Winkel, W. S. dan Hartati, Sri, M. M. 2006. Bimbingan Konseling di Institusi
Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yin, Robert. (2009). Studi Kasus (Desain & Metode). Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2021-02-28
How to Cite
NAKHMA€™USSOLIKHAH, Nakhma’ussolikhah. Studi Kasus Konsep Pemahaman Diri Siswa MTs N 3 Cirebon. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 31-41, feb. 2021. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/265>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v2i1.265.
Section
Articles