Pola Bimbingan Penyuluhan Pendidikan Seks Melalui Pendekatan Psikoedukasi Sebagai Basis Sekolah Ramah Anak
Abstract
Maraknya pelecehan seksual yang terjadi pada anak-anak menjadi salah satu bentuk kekerasan memiliki dampak serius pada perkembangan fisik, emosional, dan sosial pada anak. Kasus pelecehan seksual pada anak terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, baik yang mencakup tindakan verbal maupun non verbal. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi masalah ini yaitu melalui pendekatan psikoedukasi yang diterapkan sebagai basis sekolah ramah anak. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pola bimbingan penyuluhan pendidikan seksual melalui pendekatan psikoedukasi pada siswa kelas IV MI Al Ma’had An Nur Yogyakarta sebagai basis sekolah ramah anak. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan psikoedukasi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya pendidikan seksual. Penerapan penyuluhan psikoedukasi mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif dalam meningkatkan rasa aman dan nyaman siswa untuk mendiskusikan terkait topik pendidikan seksual. Penelitian ini menegaskan terkait pentingnya penyuluhan pendekatan psikoedukasi dalam membangun sekolah ramah anak yang berfokus pada kebutuhan dan kesejahteraan siswa.