Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Madrasah Aliyah

  • Hara Permana IAI BUNGA BANGSA CIREBON
  • Amin Haedari IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Achievement motivation is expected to be owned by students, these variables have a role in encouraging students in the learning process to gain achievement. But low achievement motivation becomes a serious problem for students. So that counseling techniques are needed to increase student achievement motivation. This study aims to improve achievement motivation of grade XI students of MA Madania Bantul through psychodrama techniques. This study was action research carried out in five cycles using Kemmis and Taggart model. Each cycle consisted of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The subjects in this study were 10 grade XI students of MA Madania Bantul. The type of action taken was psychodrama technique which consisted of three stages, namely preparation, implementation, and discussion. The data collection methods used was the scale, observation and interview. The instrument used in this study was the scale of achievement motivation, observation guides and interview guides. The success in this study was 80% of the subjects have high achievement motivation. The analysis of the data used in this research was the analysis of is quantitative descriptive. The results show that the technique psychodramas which included preparation, implementation, and discussion can improve achievement motivation of grade XI students of MA Madania Bantul.


Keywords: psychodrama; achievement motivation; action research


Abstrak


Motivasi berprestasi diharapkan dimiliki oleh siswa, variabel tersebut memiliki peran dalam mendorong siswa dalam proses pembelajaran untuk memperoleh prestasi. Namun motivasi berprestasi rendah menjadi permasalahan serius pada siswa. Sehingga diperlukan teknik konseling untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI MA Madania Bantul melalui teknik psikodrama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam lima siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI MA Madania Bantul. Jenis tindakan yang dilakukan adalah teknik psikodrama yang terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah skala motivasi berprestasi, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80 % dari subjek memiliki motivasi berprestasi tinggi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik psikodrama yang meliputi persiapan, pelaksanaan dan diskusi dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas XI MA Madania Bantul.


Kata Kunci: psikodrama; motivasi berprestasi; penelitian tindakan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Corey, G. (2012). Theory & Practise of Group Counseling, Eighth Edition. Belmont: Cengage Learning. Brooks/Cole: Cengage Learning.
Corey, G. (2015). Theory & Practise of Group Counseling and Psychotherapy. Belmont-CA: Cengage Learning.
Hariyanti, D, D. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII G SMP Yayasan Pendidikan 17 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 1 (1), 358-363.
Purwanto, M. N. (2010). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 1. Yogyakarta: Kanisius.
Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Kanisius.
Yusuf, M. (2011). The Impact of Self-Efficacy, Achievement Motivation, and Selfregulated Learning Strategies on Students’ Academic Achievement. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15, 2623-2626.
Published
2020-02-26
How to Cite
PERMANA, Hara; HAEDARI, Amin. Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Madrasah Aliyah. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 12-20, feb. 2020. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/79>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v1i1.79.
Section
Articles