Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan

  • Sulistianingsih Sulistianingsih IAI BUNGA BANGSA CIREBON
  • Dian Widiantari IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

This study discusses group counseling using one of the counseling approaches namely cognitive behavior therapy (CBT) in adolescents who do not consider education important at a higher level. The purpose of CBT is to invite clients to challenge wrong thoughts and emotions by presenting evidence that contradicts their beliefs about the problem at hand. The purpose of this article is to look at the usefulness of group counseling through cognitive behavioral therapy (CBT) approaches in an effort to increase awareness of continuing education which is higher in adolescents in Banaran village, Kulonprogo regency. Data collection is done by using methods of observation, interviews and documentation. Data analysis was performed using qualitative descriptive analysis which included data reduction, data presentation, and drawing conclusions.


Keywords: Group Counseling; Cognitive Behavior Therapy; Education Awareness.


Abstrak


Penelitian ini membahas mengenai konseling kelompok dengan menggunakan salah satu pendekatan konseling yaitu cognitive behavior therapy (CBT) pada remaja yang kurang menganggap penting pendidikan dalam jenjang yang lebih tinggi. Tujuan CBT adalah mengajak klien untuk menentang pikiran dan emosi yang salah dengan menampilkan bukti-bukti yang bertentangan dengan keyakinan mereka tentang masalah yang dihadapi. Tujuan artikel ini adalah untuk melihat kegunaan konseling kelompok melalui pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) dalam upaya meningkatkan kesadaran melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi pada remaja di Dusun Banaran Kabupaten Kulonprogo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.


Kata kunci: Konseling Kelompok; Cognitive Behavior Therapy; Kesadaran Pendidikan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cervone, D & Lawrene, A. P. (2011). Kepribadian Teori dan Penelitian. Jakarta : Salemba Humanika.
Dobson, K. S. & Dozois, D. J. A. (2010), Historical and Philosophical Bases of the Cognitive-Behavioral Therapies. Handbook of Cognitive-Behavioral Therapies. New York : The Guilford Press.
Ihsan, F. (2005), Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : Rhineka Cipta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia . (2002). Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan pengembangan bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan : Jakarta: Balai Pustaka.
Kurnanto, M. E. (2013). Konseling Kelompok. Bandung : CV Media.
Maunah, B. (2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Teras.
Muhibbin, S. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nevid, J. S et al. (2003). Psikologi Abnormal Edisi Kelima Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
Nevid, S. F., Rathus, A. S., & Greene, B. (2003). Psikologi Abnormal Edisi Kelima. Erlangga : Jakarta.
Oemarjoedi, A. K. (2003). Pendekatan Cognitive Behavior Dalam Psikoterapi. Jakarta : Kreatif Media.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang : Universitas Negeri Padang.
Qomar, M. (2012). Kesadaran Pendidikan : Suatu Penentu Keberhasilan Pendidikan. Yogyakarta : Ar Ruzz : Media.
Qomar, M. (2012). Kesadaran Pendidikan; suatu penentu keberhasilan pendidikan. Yogyakarta: Arruz Media.
Republik Indonesia. (2003) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
Stallard, P. (2002). Think Good-Feel Good : A Cognitive Behaviour Therapy Workbook for Children. England : John Wiley & Sons Ltd.
Sugihartono et al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.
Vitalis, D. S. (2008). Layanan Konseling Kelompok. Diktat Mata Kuliah Bimbingan Konseling IKIP PGRI Madiun.
Wilding, C. (2013). Cognitive Behavioural Therapy 3rd Edition : A Tech Yourself Guide Paperback .
Published
2020-02-26
How to Cite
SULISTIANINGSIH, Sulistianingsih; WIDIANTARI, Dian. Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 59-69, feb. 2020. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/83>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v1i1.83.
Section
Articles