Strategi Pemasaran Syariah Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Kerajinan Rotan Di Cv. Karyabakti Desa Babadan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon

  • Agus Karjuni IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Faisal Faisal IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Islamic marketing strategy in an effort to increase sales of rattan handicrafts at CV. Karya Bakti, Babadan Village, Gunungjati District, Cirebon Regency. The background of his study is that there are still many entrepreneurs who have not implemented sharia marketing in their business. In fact, by implementing sharia marketing in its business, what is obtained is not only profit, but the pleasure of Allah and the company's name in the community will look good. Not a few entrepreneurs who deviate from running their business, they only think about profit for themselves without thinking about their customers. This study aims to determine how sharia marketing in an effort to increase sales of rattan handicrafts in CV, Karya Bakti, Babadan Village, Gunungjati District, Cirebon Regency, is in accordance with the Islamic marketing concept or not. This research is a descriptive qualitative research. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Sources of research data obtained from primary data sources and secondary data sources. Primary data sources were taken from interviews with owners, employees of CV. Community service and several buyers. Meanwhile, secondary data sources were obtained from documentation such as: letters, articles, journals, documents and others related to research data. Data processing and analysis techniques are carried out in three stages, namely: data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that the way of doing business by the owner of CV. Karya Bakti in its marketing activities has implemented sharia marketing in every step of the marketing process so that sales are increasing.


Abstrak


Strategi pemasaran syariah dalam upaya peningkatan penjualan kerajinan rotan di CV. Karya Bakti Desa Babadan  Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatar belakangi oleh masih banyaknya para pengusaha yang belum menerapkan pemasaran syariah dalam usahanya. Padahal dengan menerapkan pemasaran syariah dalam usahanya maka yang didapat bukan hanya keuntungan semata melainkan ridha Allah dan nama perusahaan dimasyarakat pun akan terlihat baik. Tidak sedikit pengusaha yang menyimpang dalam menjalankan bisnisnya, mereka hanya memikirkan keuntungan untuk dirinya semata tanpa memikirkan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran syariah dalam upaya peningkatan penjualan kerajinan rotan  di CV, Karya Bakti Desa Babadan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon sudah sesuai dengan kosep pemasaran syariah atau belum.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian didapat dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diambil dari hasil wawancara dengan pemilik, karyawan CV. Karya bakti  dan  beberap pembeli.Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari hasil dokumentasi seperti: surat-surat, artikel, jurnal, dokumen-dokumen dan lain-lain yang berhubungan dengan data penelitian. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa cara berbisnis yang dilakukan pemilik CV. Karya Bakti dalam kegiatan pemasarannya telah mengimplementasikan pemasaran syariah di setiap langkah-langkah proses pemasaran sehingga penjualan semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tanzeh. (2011). Metode Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Ardi, M. (2016). Asas-Asas Perjanjian (Akad), Hukum Kontrak Syariah dalam Penerapan Salam dan Istisna. Jurnal Ekonomi Islam.
Asih Widiyanti. (2018). Strategi Pemasaran Syariah Bank Wakaf Mikro Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon.
Asmai Ishak. (2005). Pentingnya kepuasan konsumen dan implementasi strategi pemasarannya *). Jurnal Siasat Bisnis, 3
Bachri, B. S., Pendidikan, T., & Pendidikan, F. I. (2010). MEYAKINKAN VALIDITAS DATA MELALUI TRIANGULASI PADA PENELITIAN KUALITATIF.
Dr. Umar sidiq M, A. (2019). Metode kualitatif di bidang pendidikan. (M. A. Dr. Anwar Mujahidin, Ed.).
Fandi Ahmad Munadi. (2010). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor. Jurnal Ekonomi Manajemen.
Fitriyanto, D. (2009). Tugas akhir. Jurnal Economic.
Ibnu Katsir. (2015). Tafsir Ibnu Katsir.
Imam Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Lexy. J Moleong. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Luqman Nurhisam, E. M. (2017). Iqtishadia. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2).
M.Toriquddin. (2015). ETIKA PEMASARAN PERSPEKTIFAL-QUR ’ AN DAN RELEVANSINYA DALAM PERBANKAN SYARI ’ AH. Jurnal Syariah Dan Hukum, 7.
Muhamad Sahwan. (2017). No Title.
Nila Asmita. (2013). TESIS.
Nurul Mubarok. (2017). Strategi pemasaran islami dalam meningkatkan penjualan pada butik calista. Jurnal Economic, 3(1).
Pupu Saeful rahmat. (2009). Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf.
Rogi Gusrizaldi dan Eka Komalasari. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi tingkat penjualan di indrako swalayan teluk kuatan, 2
Rosyad, U. N. (2011). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Perluasan. Jurnal Economic, XXVII(2).
Saprida. (2016). Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli. Jurnal Ilmu Syariah, 4(1).
sugiono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif (pp. 1–19). Bandung.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka halim, Abdul.
Syaodih, S. N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Umi Rohmah. (2017). No Title.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos, 2(1), 328009.
Yayan fauzi. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(3).
Yayat Nurhayati. H. Acep Komara. (2013). PENGARUH PASOKAN BAHAN BAKU TERHADAP PROSES PRODUKSI DAN TINGKAT PENJUALAN PADA INDUSTRI ROTAN KABUPATEN CIREBON Yayat Nurhayati H. Acep Komara. Jurnal Economic, 1.
Zainal Abidin. (2006). Pendekatan Kualitatif Pada Skripsi Mahasiswa Psikologi Undip Tahun 2016. Jurnal Psikologi, 3(2).
Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Published
2021-02-28
How to Cite
KARJUNI, Agus; FAISAL, Faisal. Strategi Pemasaran Syariah Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Kerajinan Rotan Di Cv. Karyabakti Desa Babadan Kecamatan Gunungjati Kabupaten Cirebon. Ecopreneur : Journal of Sharia Economics Study Program, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-11, feb. 2021. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/269>. Date accessed: 15 dec. 2024.