Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa
Abstract
In everyday life humans are inseparable from economic activities, one of which is purchasing. Because consumer behavior, making students who act as consumers to make various requests for goods and services. With the development of technology and the internet, almost every student makes purchases online. That way students can make purchases only by browsing the internet site and can make purchases online. The purpose of this study is to determine the cause of students making purchases online and to find out the factors that influence students in buying goods online. The method used in this study is a qualitative research method with a survey approach. The subjects in this study were BBC IAI undergraduate students. Retrieval of data in this study, namely by using interviews and giving questionnaires. Based on the results of the study, the reason students make online purchases, because the items sought are easy to obtain, the goods offered are quite attractive, and the prices are more affordable. The factors that influence the purchase of goods and services online among Cirebon City students, namely: personal factors, environmental factors, trust factors, price factors, and goods factors. So, the conclusions in this study are the factors that influence online purchases of goods among students, namely: personal factors, environmental factors, trust factors, price factors, and goods factors.
Keywords: Qualitative Research; Surveying; Purchasing; Online Shopping
Abstrak
Pada kehidupan sehari-hari manusia tidak terlepas dari kegiatan ekonomi, salah satunya adalah pembelian. Karena berperilaku konsumtif, menjadikan mahasiswa yang berperan sebagai konsumen melakukan berbagai permintaan akan barang dan jasa. Dengan adanya perkembangan teknologi dan internet, hampir dari setiap kalangan mahasiswa melakukan pembelian barang secara online. Dengan begitu mahasiswa dapat melakukan pembelian barang hanya dengan menjelajah situs internet dan dapat melakukan pembelian barang secara online.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab mahasiswa melakukan pembelian barang secara online dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam membeli barang-barang secara online. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan survei. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 IAI BBC. Pengambilan data dalam penelitian ini, yaitu dengan menggunakan cara wawancara dan memberikan angket. Berdasarkan hasil penelitian, alasan mahasiswa melakukan pembelian secara online, karena barang yang dicari mudah untuk didapatkan, barang yang ditawarkan pun cukup menarik, dan harganya lebih terjangkau. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian barang dan jasa secara online dikalangan mahasiswa Kota Cirebon, yaitu: faktor pribadi, faktor lingkungan, faktor kepercayaan, faktor harga, dan faktor barang. Jadi, simpulan pada penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian barang secara online pada kalangan mahasiswa yaitu: faktor pribadi, faktor lingkungan, faktor kepercayaan, faktor harga, dan faktor barang.
Kata kunci:Penelitian Kualitatif; Survei; Pembelian; Onlineshop
Downloads
References
Agustini, N. k. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan membeli Dionline Shop mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. ejournal pendidikan ekonomi ,9.
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dharmmesta, B. S. (2015). Manajemen Pemasaran. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Humdiana, & Indrayani, E. (2006). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Mujilan, A. (2012). Sistem Informasi Akuntansi. Madiun: WIMA Pers. Madiun.
Mujiyana, I. E. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. J@TI UNDIP , VIII.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Raymond McLeod, J., & Schell, G. P. (2011). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Romadon, Yusuf. (2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap Brand Image dan Struktur Keputusan Pembelian ( Survei Pada Followers Account Twitter @ Pertamaxind Pengguna Bahan Bakar Ramah Lingkungan Pertamax Series ). 15(1).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik , XIII, No.2, 140-146.
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sunyoto, D. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.