Pendidikan Karakter Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Di Malaysia Dan Finlandia
Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Di Malaysia Dan Finlandia
Abstract
Penelitian ini adalah benchmarking di Malaysia dan Finlandia mengenai pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dimana penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pendekatan pendidikan karakter di Malaysia dan Finlandia untuk mengidentifikasi perbedaan dan kesamaan dalam pengembangan nilai-nilai karakter siswa. Pendidikan karakter memainkan peran penting dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan kehidupan dan berkontribusi positif dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan sistem pendidikan dasar di Malaysia dan Finlandia memiliki kesamaan kategori usia anak dan guru diberikan kebebasan untuk berkreativitas dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran. Perbedaannya terkait assesment kebijakan pemerintah, sarana prasarana, mutu pendidikan dan kualitas guru
Downloads
References
Daga, A. T. (2020). Perbandingan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Di Malaysia, India Dan Finlandiaa. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(1), 1-8.
Daheri, M., Wibowo, R. A. T., Kuncoro, B., Sudarsono, S., & Salim, N. A. (2022). Transformasi Substansi Manajerial Pendidikan Karakter di Sekolah: Haruskah Belajar dari Finlandia?. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5114-5121.
Etum, S., Mydin, A. A., & Abdullah, A. G. K. (2021). Hubungan Pengurusan Disiplin Sekolah dan Kualiti Kehidupan Murid di Semenanjung Utara Malaysia. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(8), 173-182.
Hasibuan, A. T., Simatupang, W. W., Rudini, R., & Ani, S. (2023). Implementasi Sistem Pendidikan Terbaik Dunia di Jenjang Anak Usia Dasar Telaah Sistem Pendidikan Finlandia. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 9(1).
Kalam, H. B. A. (2016). Pengaruh Persekitaran Sosial Terhadap Tingkah Laku Disiplin Murid Sekolah Rendah Di Klang, Selangor, Malaysia. Haseena Banu Abdul Kalam, Universiti Putra Malaysia
Letchumanan, K., & Che Rose, R. A. (2021). Cabaran Dan Isu Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Program Sekolah Lestari Di Malaysia. Malaysian Journal of Society and Space, 17(1), 238-254.
Mahat, H., Ngah, M. S. Y. C., & Idrus, S. (2013). Satu Kajian Pentingnya Pengetahuan Guru dalam Pelaksanaan Program Sekolah Lestari di Malaysia: A Study on the Importance of Teachers’ Knowledge in The Implementation of the Program of Sustainable Schools in Malaysia. Perspektif Jurnal Sains Sosial dan Kemanusiaan, 5(2), 75-92.
Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar di Finlandiaa dan Finlandia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1146-1156.
Royani, A. (2018). Telaah Kurikulum dan Sistem Pembelajaran Sekolah Dasar di Finlandia Serta Persamaan Dan Perbedaannya Dengan Kurikulum 2013 Di Finlandiaa. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: CV. Alfabeta, Cetakan kelima)
Sultoni, A. (2016). Pendidikan Karakter Dan Kemajuan Negara: Studi Perbandingan Lintas Negara. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 1(1), 167-188.
Sumintono, B., Tahir, L. M., & Rahman, M. A. A. (2012). Pendidikan Moral di Malaysia: Tantangan dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1).
Syakhrani, A. W., Fathiyah, F., Janah, F., & Fauziyyah, F. (2022). Sistem Pendidikan Di Negara Malaysia. Educational Journal: General and Specific Research, 2(2), 320-327.
Wahab, N. A., Muhammad, N., & Ismail, M. S. (2019). Pengurusan Masalah Disiplin Pelajar: Isu Dan Cabarannya Di Malaysia [Student Disciplinary Management: Issues And Challenges In Malaysia]. AL-QIYAM International Social Science and Humanities Journal, 2(2), 43-47.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.