KOMPARASI PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI INDONESIA, MALAYSIA DAN INGGRIS DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

KOMPARASI PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI INDONESIA, MALAYSIA DAN INGGRIS DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

  • jeki saeki jeki bunga bangsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami: 1.) Essensi pendidikan yang ada di Malaysia dan Indonesia dan Inggris; dan 2.) Peran kepemimpinan kepala sekolah di Malaysia dan Indonesia dan Inggris. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi literatur dengan harapan dapat memberikan penjelasan secara komprehensif terkait kualitas mutu pendidikan di negara berkembang. Hasil penelitian ini adalah 1.) Essensi pendidikan yang ada di Malaysia dan Indonesia; dan 2.) Peran kepemimpinan kepala sekolah di Malaysia dan Indonesia. Essensi pendidikan baik di Malaysia, di Indonesia atau Inggris hampir sama yaitu untuk mengoptimalkan kemampuan peserta didik dalam ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Malaysia dalam pengejawantahkan tentang essensi pendidikan lebih fokus dalam mengoptimalkan keterampilan peserta didik dengan kata lain peran guru sebagai pendidik di Malaysia dan di Inggris sangat mempengaruhi keberlangsungan pedidikan. Peran yang dilakukan kepala sekolah yang ada di Indonesia dalam kaitannya untuk meningkatkan mutu sekolah yaitu dengan cara membentuk tim peningkatan mutu, melakukan perbaikan secara berkelanjutan dengan cara berkomunikasi dan meneruskannya kepada seluruh anggota yang ada dilembaga pendidikan, dan menciptakan suasana tempat bekerja yang nyaman. Sedangkan peran kepemimpinan kepala sekolah yang ada di Malaysia diimplementasikan dengan cara kepala sekolah dapat mewujudkan visi dan misi sekolah, fokus dalam pengelolaan proses belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan peringkat sekolah, dan komitmen dalam menciptakan kondisi atau lingkungan belajar yang positif sambil mendaya- gunakan seluruh warga sekolah dengan pendekatan yang ramah dan terbuka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-26
How to Cite
JEKI, jeki saeki. KOMPARASI PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI INDONESIA, MALAYSIA DAN INGGRIS DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-14, dec. 2022. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1176>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v4i2.1176.