MANAJEMEN MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI TK AL FADHILAH INDRAMAYU

  • Amanah Hutomo Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Cecep Sumarna Institut Agama Islam Syekh Nurjati Cirebon
  • Dian Widiantari Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Bambang Firmansyah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Mashuri Mashuri Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Abstrak


Banyak anak usia dini yang belum bersekolah karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan anak usia dini,  sehingga memerlukan marketing untuk menarik minat masyarakat akan keberadaan TK Al Fadhilah.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen marketing yang dilakukan agar maka lembaga pendidikan tersebut diterima, dikenal dan dipahami oleh masyarakat desa Panyindangan Kulon. Sehingga setiap tahun TK Al Fadhilah selalu bertambah jumlah anak didiknya. Marketing juga dilakukan untuk memetakan dan mengenalkan TK Al Fadhilah pada sasaran yang masih belum memahami pentingnya pendidiak anak usia dini dengan kunjungan ke rumah calon anak didik.  Melakukan promosi dengan unjuk kreatifitas anak, mengundang anak TK  lain ikut lomba kretifitas, dan kegiatan yang melibatkan orang tua anak didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metodologi studi kasus. Hasil penelitian menunjukan, manajemen marketing di TK Al Fadhilah dilakukan dengan cara kerjasama guru-guru dan orang tua anak didik, yang juga membantu pendanaan dan ikut dalam kegiatan manajemen marketing sehingga setiap kegiatan dapat berjalan sesuai harapan, ditunjukan dengan bertambahnya jumlah anak didik setiap tahun.


Abstract


Many early childhood children who have not attended school due to lack of public understanding of the importance of early childhood education, so it requires marketing to attract public interest in the existence of TK Al Fadhilah.  This study aims to determine, planning, organizing, implementation and supervision of marketing Management carried out so that the educational institution is accepted, known and understood by the people of panyindangan Kulon village. So every year TK Al Fadhilah always increases the number of students. Marketing is also done to map and introduce kindergarten Al Fadhilah on target who still do not understand the importance of early childhood education with a visit to the home of prospective students.  Doing promotion with children's creativity, inviting other kindergarten children to participate in creativity competitions, and activities involving parents of students. In this study, researchers used qualitative research methods with Case Study Methodology. The results showed, marketing Management in TK Al Fadhilah done by way of cooperation of teachers and parents of students, which also helps funding and participate in marketing management activities so that each activity can run as expected, indicated by the increasing number of students each year.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahwani Sinaga, E. (2021). Efektivitas Prmberian Reward Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Perguruan Taman Siswa Kota Pematang Siantar. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Darwin, M. (2020). Perbandingan Teori Disrupsi Pada Marketing Di Era, 1(2), 25–39.
Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Madaniyah, 7, 261–283.
Fandy, T. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Firmansyah, B., & Mashuri, M. (2022). Systematic Literature Review Fungsi dan Tujuan Administrasi Pendidikan di Indonesia. Eduprof: Islamic Education Journal, 4(2), 68–79.
Halim, A. (2020). Manajemen Marketing Pendidikan Islam. Al-Ibrah, 5(1), 1–26.
Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian Studi Kasus?: Single Case, Instrumental Case, Multicase & Multisite Dilengkapi Contoh Tahapan Proses dan Hasil Penelitian. CV Literasi Nusantara Abadi.
Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60–71.
Lakoy, A. C. (2015). Pengaruh Komunikasi, Kerjasama Kelompok dan Kreativitas terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 981–991.
Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Volume 10, No.1, 10, 37–45.
Muhaimin, M. A. (2015). Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah). Prenada Media.
Pananrangi, H. A. R., & SH, M. P. (2017). Manajemen Pendidikan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.
Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Terry, G. R. (2010). Dasar-dasar Manajemen (Cetakan 11). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Published
2022-06-28
How to Cite
HUTOMO, Amanah et al. MANAJEMEN MARKETING DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI TK AL FADHILAH INDRAMAYU. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 41-54, june 2022. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1511>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v4i1.1511.