STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI RUANG BACA PERPUSTAKAAN DI MTS AL-MAS’UDIYAH TEGALGUBUG CIREBON

  • Bambang Firmansyah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Mashuri Mashuri Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Il Nurfadilah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Khoiru Mila Indah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Naela Julpah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Rohana Rohana Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Naela Julpah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan minat baca melalui ruang baca perpustakaan di MTs Al-Mas’udiyah. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif degan jenis deskritif selanjutnya pemerolehan data dari wawancara dan pengamatan. Hasil dari peelitian ini mendeskripsikan strategi yang dilakukan melalui tiga cara yaitu 1) membuat ruang baca perpustakaan di tempat yang strategis agar mudah diakses siswa 2) mengadakan jam wajib berkunjung selama 10 menit pertama pada istrirahat pertama  agar agar siswa diarahkan lagsung oleh guru pegampu mata pelajaran pada jam sebelumnya dan 3) mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan literasi agar meningkatkan kemampuan menulis, membaca dan berhitung yang tentunya diharapkan siswa semakin sering membaca de perpustakaan. Adapun faktor pendukung dan penghambat yaitu dari unsur siswa, guru, madrasah dan lingkugan yang masing-masing masih dalam proses peningkatan ke yang lebih baik. Strategi ini merupakan hasil dari rumusan para unsur yang terlibat dari pelaksana perpustakaan dan dinilai sangat baik jika diterapkan secara komitmen dan berkesinambungan.


Abstract


The purpose of this study was to determine the strategy of increasing interest in reading through the library reading room in MTs Al-Mas'udiyah. The method used is a qualitative approach with the descriptive type of subsequent data acquisition from interviews and observations. The results of this research describe the strategy carried out in three ways, namely 1) Create a library reading room in a strategic place so that students are easily accessible 2) hold a mandatory visiting hour for the first 10 minutes on the first break so that students are directed by subject teachers in the previous hour and 3) hold literacy-related activities to improve the ability to write, read and count which of course students are expected to read more often de library. The supporting and inhibiting factors are from the elements of students, teachers, madrasas and the environment, each of which is still in the process of improving to a better one. This strategy is the result of the formulation of the elements involved in implementing the library and is considered very good if applied in a committed and sustainable manner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.
Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541–1550.
Firmansyah, B. (2022). Peran Ekstrakulikuler dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Peserta Didik di SDN 2 Cipeujeuh Kulon. Diambil 14 Juli 2022, dari https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/article/view/804/640
Presiden Republik Indonesia. UNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN, Pub. L. No. 47 tahun 2007 (2007).
Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra, 11(01).
Romadhon, A. C. (2020). Pentingnya Membaca Dan Menulis Serta Kaitannya Dengan Kemajuan Peradaban Bangsa. Jurnal Edukasi, 1(1).
Salmubi, S. (2009). Implementasi Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007: Upaya Memuliakan Kepustakawanan Nasional Menuju Masyarakat Informasi Indonesia 2015. Media Pustakawan, 16(3&4), 80–89. Diambil dari https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/viewFile/913/889
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Widi, S. (2022). Makin Sedikit Orang Indonesia Nikmati TV dan Radio pada 2021. dataindonesia.id. Diambil dari https://dataindonesia.id/ragam/detail/makin-sedikit-orang-indonesia-nikmati-tv-dan-radio-pada-2021
Published
2022-12-26
How to Cite
FIRMANSYAH, Bambang et al. STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI RUANG BACA PERPUSTAKAAN DI MTS AL-MAS’UDIYAH TEGALGUBUG CIREBON. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 65-71, dec. 2022. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1512>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v4i2.1512.