Manajemen Pendidikan MANAJEMEN KERJA SAMA INDUSTRI DUNIA USAHA DAN DUNIA KERJA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMKS CENDEKIA WANASARI KABUPATEN INDRAMAYU

MANAJEMEN KERJA SAMA INDUSTRI DUNIA USAHA DAN DUNIA KERJA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMKS CENDEKIA WANASARI KABUPATEN INDRAMAYU

  • Asep Sudarmono
  • Cecep Sumarna
  • Dian Widiantari
  • Teguh Lesmana

Abstract

Manajemen kerjasama yang dilakukan sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) merupakan salah satu bentuk pengelolaan manajemen yang saling terkait antara dua institusi dalam melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang saling mengisi, saling membutuhkan, dan saling menguntungkan di dalam melakukan program kerjasama yang direncanakan.. Jenis penelitian ini adalah berupa penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan : (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data tunggal SMKS Cendekia Wanasari Kabupaten Indramayu  . Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Tahap perencanaan yang dilakukan di SMKS Cendekia Wanasari Kabupaten Indramayu  didasarkan pada  sinkronisasi kurikulum bersama, pembuatan MoU antara sekolah dengan  DUDI, perencanaan kesiapan siswa (pemetaan kompetensi), dan  perencanaan penempatan (pemetaan tempat DUDI) yang akan digunakan dalam praktik kerja industri yang sesuai dengan kompetensi peserta didik  yang dibutuhkan oleh DUDI. (2) Program kegiatan praktik kerja industri terdapat dua aspek,  yaitu departementalisasi dan pembagian kerja. Yang mana pembagian  kerja terdiri dari pembagian tenaga pengajar/pembimbing dari pihak  sekolah, Tenaga instruktur dari pihak pihak Dunia Usaha/Dunia industri.  Sedangkan, departementalisasi terdiri dari pemetaan peserta didik sesuai  dengan kompetensi yang dimiliki serta penempatan siswa pada DUDI masing-masing. (3) Tahap pelaksanaan dalam kisi-kisi penelitian meliputi ; koordinasi dunia  usaha dan industri, Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama, sinkronisasi kurikulum, dan Praktik Kerja industri. (4) Tahap evaluasi bertujuan untuk mengetahui kompetensi yang  dimiliki para peserta didik ketika melaksanakan kegiatan praktik kerja  industri dengan penilaian dari pihak DUDI tersebut. Selanjutnya tujuan  evaluasi yang dilaksanakan antara guru pembimbing dengan para peserta didik yang selesai prakerin adalah mengetahui kelayakan maupun kondisi  DUDI sebagai acuan tempat dalam melaksanakan praktik kerja industri  selanjutnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

AR, Murniati dan Nasir Usman. 2017. Implementasi Manajamen Strategi Dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan.Bandung:Cita Pustaka Media Perintis,
Creswell, J. W. 2016. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
CNBC Indonesia “Mitras DUDI ‘kawinkan’ 26 Dunia Usaha dan Vokasi di NTB, News 22 Oktober 2020 16.52
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani
Departemen Pendidikan Nasional, Pelaksanaan Prakerin (Jakarta: Direktorat Pembinaan
Dessler, Gary 2017. Manajemen Personalia. Terjemahan Agus Darma, Jakarta. Penerbit Erlangga
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan
Dikmenjur. 2013. Pedoman Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas
Erni dan Kurniawan, 2015. Pengantar Manajemen Jakarta: Prenda Media Group.
Kebudayaan Tahun 2017 Draft keempat
Fayol, Henry. 2010. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Elex Media
Handoko. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Bandung: Pustaka Setia,
Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara
Hamdan Dan Hafied Cangara Adnan. 2016. Prinsip-Prinsip Humas, Surabaya: Usaha Nasional,
Hermin. 2018. Manajemen Berbasis Sekolah. Jember: Pena Salsabila
Ishaq Alu Syaikh Abdullah bin Abdurrahman bin Muhammad bin Abdurrahman, .2016. Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta: Pusaka Imam Syafi’i
Kamus Besar Bahasa Indonesia 2008
Kontan.co.id “ Lulusan Pendidikan Vokasi dibutuhkan Dunia Usaha”, Tim Kontan, Jumat 14 Januari 2022 16.08 WIB
Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 251/C/KEP/MN/2008
Kepmendiknas, 1997
Koontz, Harold & Cyril O'Donnel & Heinz Weihrich. 2007. Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga
Latif, Mukhtar. dan Latief, Suryawahyuni. 2018. Teori Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group,
Lewis Thomas dan Elaine B. Johnson. 2014. Contextual Teaching Learning. Jakarta: Kaifa
J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Malayu S.P Hasibuan, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara
M. Manullang. 2018. Dasar-dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta
Marwansyah. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua. Bandung : CV Alfabeta.
Miftahul Huda, 2011. Model-ModeL Pengajaran dan Pembelajaran,Yogyakarta: Pustaka Belajar,
Nawawi, Hadari, 2011, Manajemen Sumber Daya manusia, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
M. Quraish Shihab, 2012..Tafsir al-Misbah, Jakarta : Lentera Hati,
Pandit Isbianti, Peran Humas Sebagai Upaya Menjalin Kerja Sama Antara SMK Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (Du/Di) dalam Jurnal Manajemen Pendidikan No. 01/Th V/April/2009, 41-54.
Purnamawati & Muhammad Yahya. 2019. Model Kemitraan SMK Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri cet.1, Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan 2015
PP Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah No.66 tahun 2010 pasal 1 ayat 15
Peraturan Pemerintah (PP) No. 17 Tahun 2010 pasal 76 ayat 2
Pedoman Pelaksanaan Prakerin 2016
radarcirebon.com “SMK Salafiyah Tambah kerjasama dengan Iduka” 8 September 2021 pukul 14.12 WIB
Republika.co.id “ Kemedikbudristek : SMK Mesti Selaras dengan Dunia Industri”, Sabtu, 15 Januari 2022 16.43 WIB
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Robbin,P. Stephen, Mary Coulter. 2014. Management. Twelfth Edition. United States : Pearson Education Limitied
R. Supomo dan Eti Nurhayati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Yrama Widya
Sedarmayanti, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Edisi Revisi, Bandung: PT Refika Aditama
Sidi, Indra Djati. 2017. Menuju Masyarakat Belajar; Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta : Kerjasama Paramadina dengan Logos Wacana Ilmu,
Sofyan, H. 2018. Kesiapan aspek kognitif dan psikomotorik siswa STM DIY. Jurnal kependidikan
Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan ke-17, Bandung : Alfabeta
Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Suharsimi Arikunto, 2013 Manajemen Pendidikan Yogjakarta: Aditya Media
Sukarna, 2011. Dasar-Dasar Manajemen Bandung: CV. Mandar Maju
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Sugiyono. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta
Sumantri. 2016. Strategi pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Pers
Suwati. 2018. Sekolah Bukan untuk Mencari Pekerjaaan .Jakarta: Pustaka Grafia,
Terry, George R dan Leslie W.Rue. 2014. Dasar-Dasar Manajemen, penerjemah G.A Ticoalu. Jakarta: PT Bumi Aksara
Tersiana, Andra. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta: Gramedia Pustaka. Utama.
Undang – undang nomor 20 tahun 2003 pasal 18 ayat (2)
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
Usman Husaini .2013. Manajemen Teori,Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Wahyu Nurharjadmo. 2008. Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan System Ganda Di Sekolah Kejuruan, Jurnal Spirit Publi
Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Edisi Ke-5. Jakarta. Rajawali Press.
Wina Sanjaya. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses, Jakarta: Kencana Prenada Media,
Yulianto dan B.Sutrisno, 2014. Pengelolaan kerjasama sekolah dengan dunia usaha/duniaindustri. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial,
Yuliani Jiwong. 2013). Studi Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Mahasiswa untuk Memasuki Dunia Kerja, Yogyakarta: A. Jaya Yogyakarta,
Published
2022-06-28
How to Cite
SUDARMONO, Asep et al. Manajemen Pendidikan MANAJEMEN KERJA SAMA INDUSTRI DUNIA USAHA DAN DUNIA KERJA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMKS CENDEKIA WANASARI KABUPATEN INDRAMAYU. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 55-75, june 2022. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1518>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v4i1.1518.