Manajemen Pendidikan Comparison of Teacher Quality Management in Singapore, Finland and Indonesia
Comparison of Teacher Quality Management in Singapore, Finland and Indonesia
Abstract
Dalam Perkembangan Pendidikan setiap Negara mempunyai cara sendiri dalam mengatur dan mengembangkan kualitasnya, diantaranya adalah dengan kualitas gurunya. Secara Historis Finlandia, Singapura dan Indonesia merupakan Negara yang telah merdeka dan diakui oleh dunia keberadaannya. Maka untuk menjalankan amanah konstitusinya Negara-negara tersebut mengisinya dengan memberikan pendidikan yang layak bagi setiap warga negaranya. Sebagaimana diketahui bahwa pendidikan tidak akan berkualitas tanpa adanya mutu guru yang berkualitas pula. Maka kebutuhan guru yang berkualitas menjadi prioritas utama untuk suatu negara apabila ingin menghasilkan lulusan yang berkualitas. Metode Penelitian yang dipakai adalah dengan deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengkaji atas kajian-kajian yang menjadi obyek melalui jurnal dan kajian pustaka. Dalam kajian peneliti ada perbedaan pengembangan pendidikan ketiga negara tersebut yang kemudian menghasilkan kualitas yang berbeda. Sehingga apabila di rangking Indonesia tidak lebih unggul dari negara Finlandia dan Singapura. Artinya Indonesia mempunyai pekerjaan rumah yang berat untuk bersaing dalam dunia pendidikan secara global yang kemudian menjadi tugas berat pula bagi guru dalam memberikan pengetahuan kepada muridnya.
Downloads
References
Nari, Nola, Yulia Akmay, and Dewi Sasmita. “Penerapan Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membilang.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 7, no. 1 (2020): 44–52.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/09/program-digitalisasi-sekolah-akan-didukung-dengan-peningkatan-kompetensi-guru
https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. bandung 2016
George R.Terry dan Leslie W. Rue, “dasar dasar manajemen”. PT. Bumi Askara, 2008.
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
https://kbbi.web.id/kompetensi
http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/Sawala/article/view/465#
Herry Sanoto dkk, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 11 No. 2, Mei 2021
UU Tentang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.