Manajemen Pendidikan Model Kepemimpinan Transformatif KH. Muh. Musthofa ‘Aqiel dalam Pengembangan Kualitas Pendidikan di Pondok Pesantren Khas Kempek Kabupaten Cirebon

Model Kepemimpinan Transformatif KH. Muh. Musthofa ‘Aqiel dalam Pengembangan Kualitas Pendidikan di Pondok Pesantren Khas Kempek Kabupaten Cirebon

  • Musa Musa
  • Teguh Lesmana

Abstract

Pondok pesantren mempunyai peranan penting dalam pembangunan bangsa Indonesia. Secara historis, pesantren sudah ada sebelum penjajahan Belanda. Selain Pusat Penyiaran Islam, beberapa pesantren juga menjadi pusat gerakan nasional melawan penjajah. Hingga saat ini, pesantren merupakan bagian dari subsistem pendidikan negara. Pada umumnya pesantren merupakan lembaga tradisional yang bersifat bebas dan proses perkembangannya hanya bergantung pada kemauan dan kecenderungan para pemimpinnya, sehingga kepemimpinan di pesantren perlu mendapat perhatian yang serius, kemungkinan-kemungkinan yang ada bisa dimanfaatkan untuk mendukung operasional pesantren. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran tentang berbagai aspek manajemen kepemimpinan transformasional dan upaya peningkatan mutu pendidikan di pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai profil pondok pesantren, profil KH. Muh Mustofa 'Aqiel dan data-data yang berhubungan dengan tempat penelitian. Pemikiran K.H. Muh Mustofa ‘Aqiel dalam mengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek dapat ditelusuri dari beberapa prinsip KH. Muh Mustofa 'Aqiel yaitu: (1) Untuk menjadi pemimpin harus mempunyai wibawa, disiplin, dan berbakti kepada negara dan bangsa, mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan ketika memecahkan masalah yang dihadapi pemimpin dan bawahannya, pemimpin perlu membangun jaringan komunikasi yang baik dengan semua orang, 2) Inisiatif KH. Muh Mustofa 'Aqiel bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui perubahan sistem pendidikan pesantren, khususnya melalui kurikulum modern yang terarah, (3) Model Kepemimpinan Transformatif KH. Muh Mustofa 'Aqiel dapat diimplementasikan dalam empat dimensi: pengaruh ideal, rangsangan intelektual, pertimbangan pribadi, motivasi inspirasional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, Mahmud, Pendidikan Islam Transformatif (Yogyakarta: LKiS, 2008)
Mu’awanah, Manajemen Pesantren Mahasiswa Studi Ma’had UIN Malang (Yogyakarta: STAIN Kediri Press, 2009)
Nurhayati, Abdul Hadis dan, Manajemen Mutu Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2010)
Rahardjo, Dawam, Pergulatan Dunia Pesantren (Jakarta: P3M, 1985)
Rahmi, Sri, Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Ilustrasi Dibidang Pendidikan (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2014)
Rosita, Neni, ‘Kepemimpinan Kharismatik Kiyai Di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta’, Sangkep Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, Vo. 1 Juli (2018)
Sagala, Syaiful, Pendekatan & Model Kepemimpinan, Cetakan Ke (Jakarta: Kencana, 2018)
Soebahar, Abd. Halim, Matriks Pendidikan Islam (Yogyakarta: Pustaka Marwa, 2009)
Suprayogo, Imam, Quo Vadis Madrasah, Gagasan, Aksi, Dan Solusi Pembangunan Madrasah (Yogyakarta: Hikayat, 2007)
Published
2022-12-26
How to Cite
MUSA, Musa; LESMANA, Teguh. Manajemen Pendidikan Model Kepemimpinan Transformatif KH. Muh. Musthofa ‘Aqiel dalam Pengembangan Kualitas Pendidikan di Pondok Pesantren Khas Kempek Kabupaten Cirebon. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 54-64, dec. 2022. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1525>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v4i2.1525.