Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII.C di SMP Negeri 2 Sedong pada Materi Pokok Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis portofolio lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pencapaian aspek kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII Semester II SMP NEGERI 2 SEDONG Pada Materi Pokok Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2022/2023. Data awal penelitian ini adalah nilai ulangan pada materi logika matematika Dari data tersebut dapat diketahui bahwa sampel berada pada titik awal yang sama. Setelah kelompok eksperimen diberikan pembelajaran portofolio dan kelompok kontrol diberi pembelajaran konvensional, maka kedua kelompok diberikan tes kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok trigonometri. Diperoleh rata-rata dari penelitian siklus I hasil belaja rmencapai 74,22 dan pada siklus II hasil belajar mencapai 79,75 sehingga mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Mengacu pada hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran yaitu, untuk menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio diperlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan peserta didik dalam memahami konsep.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Budimansyah, Dasim. 2003. Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio. Bandung: Game sindo.
Darsono, Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV.IKIP Semarang Press.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.
E Mulyana. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Rosda. Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Maesuri, Sitti. 2003. Suatu Alternatif Model Pelatihan Lanjutan Untuk Materi Penilaian Autentik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rianto, Yatim. 1996. Metodologi Penelitian pendidikan suatu Tinjauan Dasar. Surabaya: SIC Surabaya.
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sumarna& M. Hatta. 2004. Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosda.
Tim Penyusun KBBI. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Wirodikromo, Sartono. 2004. Matematika untuk SMP kelas VIII Semester II. Jakarta: Erlangga.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.